fbpx
Bentuk Digitalisasi Identitas Bisnis: Fungsi Website Company Profile

Bentuk Digitalisasi Identitas Bisnis: Fungsi Website Company Profile

Website company profile atau situs perusahaan menjadi salah satu kebutuhan primer di dunia bisnis sekarang. Mengapa penting?

Website untuk perusahaan? Apakah memang benar sepenting itu? Di zaman serba digital seperti sekarang ini, ternyata peran website sudah jauh berubah dibandingkan dengan yang dulu. Dulunya, bisa jadi hanya perusahaan yang punya prestige tinggi yang bisa memiliki website. Mengingat biaya pembuatan yang tinggi dan sumber daya yang terbatas kala itu.

Namun sekarang semuanya sudah jauh berubah. Kebutuhan akan website company profile semakin lama semakin meningkat, apalagi karena pengaruh persaingan di dalam digital marketing. Website sekarang bukan hanya sekadar untuk gaya-gayaan saja!

Peran Website Company Profile Bagi Perusahaan

Bayangkan anda ingin mencari perguruan tinggi di luar negeri untuk anak anda, apa yang pertama kali anda lakukan? Tentu saja memulai pencarian di mesin pencari, lalu melihat profil perguruan tinggi tersebut. Bagaimana jika anda tidak menemukan websitenya? Tentu anda tidak mungkin menjatuhkan pilihan ke sana bukan? Atau ada websitenya tapi tidak cukup informasi, juga tidak akan mungkin anda pilih.

Hukum ini juga berlaku kepada identitas perusahaan. Bagaimana pun, calon klien bisa saja kehilangan trust pada brand anda. Apalagi bila anda bergerak di bidang B2B atau Business to Business (bisnis ke bisnis). Untuk mengetahui fungsi website lebih lanjut, anda bisa menyimak daftar di bawah ini.

Sebagai Identitas di Dunia Online

Kembali lagi ke perumpamaan di atas, klien akan jauh lebih percaya kepada perusahaan yang memiliki identitas yang jelas. Dan juga, perusahaan anda tidak mungkin bisa ditemukan di mesin pencari jika tidak memiliki website.

Anda memang bisa menggunakan sosial media sebagai pengganti website. Hanya saja, sosial media memiliki keterbatasannya sendiri dan tidak bisa melakukan kustomisasi sebebas website.

Pintu Masuk dari Digital Marketing

Website mutlak anda butuhkan bila anda menggunakan digital marketing sebagai media pemasaran anda. SEO, SEM, Email Marketing, SMM, semuanya menggunakan website sebagai pintu masuk utama dalam strategi digital marketing anda.

Terutama bila anda memiliki berbagai pilihan produk, dimana website bisa membantu produk mana yang lebih disukai customer dan yang kurang disukai. Semua data ini akhirnya juga bisa anda gunakan untuk meningkatkan kualitas pemasaran anda, dan mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih baik.

Menunjukkan Eksistensi Perusahaan

Di industri yang membutuhkan eksistensi seperti hiburan, e-commerce, bisnis, dan jasa, kehadiran website sangatlah diperlukan. Website bisa menunjukkan sejauh mana eksistensi perusahaan dan kemudian mendapatkan kepercayaan lebih dari calon pelanggan.

Salah satu cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan menguasai hasil di mesin pencari di bidang yang dijalani oleh perusahaan. Misalnya perusahaan keuangan yang berhasil mendapatkan prospek karena bisa menunjukkan keahliannya dalam memberikan nasihat keuangan lewat artikel di website.

Ada juga perusahaan yang bersaing dengan adu unik konsep website mereka, sehingga bisa menangkap perhatian calon pengguna.

Baca juga: Fungsi Sosial Media Untuk Media Promosi Digital Perusahaan

Meningkatkan Profesionalitas

Di awal kami sudah menuliskan bahwa website berguna sebagai identitas perusahaan di internet, dan identitas tersebut berguna untuk meningkatkan kesan profesional dari perusahaan.

Bahkan untuk perusahaan yang baru lahir sekalipun, contohnya website bisa anda gunakan untuk memperkenalkan profil perusahaan di saat meeting. Klien anda tentu akan lebih percaya, sebab anda berani mengekspos profil perusahaan kepada publik lewat website.

Sarana Media dan Informasi Resmi Perusahaan

Banyak berita simpang siur yang ada di masyarakat, apalagi setelah era sosial media dimulai. Informasi bisa saja diteruskan tanpa ada pemeriksaan dan validasi terlebih dahulu, dan tidak sedikit pula korban yang kena.

Baca juga: Mengenal Arti Slogan Making Indonesia 4.0

Namun nama perusahaan bisa lebih mudah dijaga dengan adanya website resmi, sebab semua berita dan informasi yang asli hanya ada di sana. Anda pun bisa mengatasi masalah resiko informasi simpang siur dan hubungan tetap terjaga dengan baik.

Website Sudah Bukan Lagi Sekadar Halaman Statis Tanpa Nilai

Di jaman dulu, mungkin. Sebab akses internet juga belum bisa dimiliki oleh semua orang. Namun hari ini tentu berbeda dengan 10 tahun yang lalu, dan karena itu peran website juga sudah pasti berbeda. Selalu sesuaikan perusahaan anda terhadap perkembangan zaman dan teknologi, agar anda tetap bisa menjaga persaingan dengan kompetitor dan mencegah efek disrupsi yang terlalu besar.

Comments are closed.