fbpx
Beberapa Fungsi dari Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Dunia Industri

Beberapa Fungsi dari Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Dunia Industri

Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah banyak digunakan di berbagai industri. Seberapa besarkah peran mereka?

Kecerdasan manusia mau diaplikasikan ke dalam mesin? Mengapa tidak! Inilah salah satu contoh perkembangan dunia teknologi yang disebut-sebut akan membawa perubahan besar dunia: AI atau Artificial Intelligence atau Kecerdasan buatan.

Konsepnya sederhana, yaitu dengan membuat algoritma logika khusus yang bisa membuat mesin mengambil tindakan prediktif seperti layaknya manusia.

Kecerdasan Buatan, Membuat Mesin Mampu Membuat Keputusan Prediktif

Dengan kombinasi banyak algoritma yang dibantu dengan teknologi modern dan big data, konsep kecerdasan buatan bisa semakin dikembangkan setiap harinya. Bahkan belakangan ini, teknologi kecerdasan buatan disebut-sebut hampir bisa menyaingi kemampuan prediktif yang dimiliki oleh manusia.

Mesin akan memanfaatkan data kebiasaan, prediksi, histori, dan sebagainya di dalam big data. Nantinya, mesin akan mengolah data-data tersebut lalu memberikan perkiraan atau tanggapan yang sesuai. Memang kedengarannya cukup kompleks, namun faktanya anda bisa memanfaatkan AI dengan mudah!

Jika anda ingin tahu bagaimana contoh AI bekerja, berikut 5 contoh yang paling banyak ditemui di masyarakat maupun di dunia industri dan bisnis:

Perkiraan Peningkatan Penghasilan

Para digital marketer tentu sudah sangat terbiasa dengan pemanfaatan AI di bidang ini. Berikat kemampuan prediktifnya, AI bisa memberikan informasi pertumbuhan penghasilan terhadap nilai budget yang dikeluarkan (ROI) secara presisi.

Dengan begitu, para digital marketing bisa menentukan apakah mereka perlu menambah budget sampai level berapa untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain penambahan budget, mereka juga bisa mendapatkan data optimasi lain yang perlu diimplementasikan guna mengoptimasi kegiatan promosi mereka ke level yang lebih tinggi.

Sebenarnya tidak hanya di dunia digital marketing, bahkan di dunia keuangan (seperti investasi dan pencatatan pembukuan sekalipun) AI bisa membantu anda untuk memperkirakan jumlah pendapatan yang mungkin anda dapatkan. Tentu saja dengan catatan tidak ada anomali yang anda lakukan, seperti menarik atau merubah strategi secara tiba-tiba.

Perkiraan Jadwal Maintenance Mesin

Dalam dunia industri manufaktur, AI juga memberikan manfaat yang cukup besar dan salah satunya adalah dengan memberikan jadwal perkiraan maintenance mesin.

Sebelum adanya AI yang bisa mempelajari sistem mesin secara otomatis, semua teknisi harus melakukan pengecekan berkala secara manual. Kegiatan ini selain menguras waktu dan tidak efektif, ternyata juga menurunkan rate kinerja dari divisi produksi. Sebab ketika mesin dicek, maka proses produksi harus berhenti.

Baca Juga: Digitalisasi Bisnis Sebagai Strategi Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Karena itu dengan adanya teknologi kecerdasan buatan, maka penjadwalan perawatan mesin bisa dilakukan lebih efektif. Software-lah yang akan mengecek secara berkala, dan kemudian memberikan informasi apabila ada kerusakan.
 

 

Respon Chat/Email Otomatis

Dalam dunia customer service, kecepatan respon chat adalah hal yang utama. Sayangnya, terkadang jumlah tenaga penjawab chat tidak sebanding dengan banyaknya chat yang masuk. Dan karena itu, AI diperlukan.

AI bisa menjawab chat yang berupa pertanyaan repetitif ringan, seperti informasi event, jam buka, alamat, promosi, cara pendaftaran, syarat dan ketentuan, dan lain-lain. Sehingga tim CS hanya perlu menjawab pertanyaan yang benar-benar genting saja.

Para digital marketing yang memanfaatkan strategi email marketing juga sangat terbantu karena AI ini. Dimana sistem bisa mengirimkan informasi promosi secara otomatis, bahkan menyesuaikan penerima email-nya berdasarkan user journey dari customer. Misalnya, sistem hanya akan memberikan email diskon ekstra kepada customer yang melakukan transaksi selama 1 minggu terakhir.

Fitur Asisten Rumah

Jika anda adalah pengguna smart home, mungkin anda sudah menikmati fitur ini. Misalnya, jika anda lupa mengunci pintu, maka AI yang akan menguncinya untuk anda secara otomatis.

Atau mungkin mengatur tingkat kecerahan lampu menurut waktu, memberikan informasi dan perkiraan ketersediaan bahan dapur, sampai menghitung perkiraan tagihan listrik bulanan. AI bisa membantu manajemen rumah tangga anda menjadi lebih efektif.

Segmentasi Data Otomatis di dalam Laporan

Jika anda memanfaatkan data dalam pengambilan keputusan, maka anda wajib tahu bahwa AI bisa membantu anda untuk mensegmentasikan data secara otomatis untuk membantu pembacaan data anda.

Contohnya jika anda menggunakan Google Analytics, maka anda bisa mendapatkan informasi pertambahan pengunjung website setiap bulannya lengkap dengan prediksi, segmentasi pengguna berdasarkan perangkat yang digunakan, sampai proyeksi pendapatan yang mungkin anda dapatkan.

Jika anda menggunakan CRM, AI bisa membantu anda untuk mengatur kategorisasi klien dan pelanggan anda berdasarkan kebiasaan kontak mereka. Data ini nantinya bisa membantu anda untuk mengeksekusi strategi pengembangan berikutnya di masa mendatang. 

Baca Juga: 5 Contoh Pemanfaatan Teknologi Berbasis Real Time Data

Sudahkah Anda Menggunakan Teknologi Kecerdasan Buatan?

Dengan semua kecanggihan yang ditawarkan, apakah anda masih menolak kehadiran kecerdasan buatan atau AI ini? Dan tentunya, AI merupakan mesin sehingga konsistensi kualitasnya akan selalu sama dan tidak mengenal rasa lelah.

Jika anda masih belum menggunakan AI sebagai bagian dari bisnis anda, mungkin anda perlu segera mempertimbangkannya.

Comments are closed.