fbpx
Bagaimana Teknologi AI Dapat Membantu Dunia Pendidikan

Bagaimana Teknologi AI Dapat Membantu Dunia Pendidikan

Tak hanya membantu bisnis dan perusahaan saja, AI juga bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Teknologi AI bisa membantu kesesuaian pembelajaran antara guru dan murid, kira-kira bagaimana caranya?

AI atau artificial intelligence atau biasa disebut kecerdasan buatan merupakan teknologi dimana mesin bisa belajar dan memahami logika seperti layaknya manusia. Teknologi ini disebut-sebut bisa membantu menyederhanakan kehidupan manusia yang sangat kompleks.

Teknologi AI dikenal luas dalam dunia industri, terutama industri skala besar yang memiliki banyak divisi. AI bisa membantu mengintegrasikan semua divisi tersebut dan mempermudah proses kerja antar divisi. AI pun juga dikenal dalam dunia bisnis seperti periklanan maupun SaaS (Software as a Service).

Tapi tahukah Anda bahwa AI juga bisa diimplementasikan dalam dunia pendidikan? Berkat AI, guru bisa memahami kebutuhan murid dengan lebih mudah dan lebih mendalam. Dan murid pun bisa belajar sesuai dengan kebutuhan mereka tanpa menemui kesulitan.

Teknologi AI Untuk Pendidikan

Anda tentu sudah tahu bahwa AI bekerja berdasarkan data yang telah dikumpulkan dari pengalaman sebelumnya. Dalam sisi pendidikan murid misalnya, AI bisa menganalisa kesalahan dari soal yang dikerjakan murid atau melihat histori nilai si murid dalam kurun waktu tertentu.

Nah berangkat dari sana saja kita sudah tahu bagaimana peluang AI dalam membantu sistem pendidikan kita. Apalagi untuk sekolah yang memiliki banyak murid sekaligus, memantau murid satu per satu tentu bukan perkara yang mudah.

Teknologi Smart Content Untuk Menyesuaikan Kebutuhan Murid

Sekolah adalah tempat yang dipenuhi teori-teori rumit yang belum tentu bisa dipahami dengan mudah oleh semua murid. Mungkin ada murid yang cukup pintar di bidang tersebut, dan tentunya ada yang tidak.

AI bisa membantu meracik konten yang sesuai dengan keahlian murid tersebut, sehingga pelajaran tetap bisa dipahami oleh mereka. 

Konten yang lebih mudah dipahami tentunya akan mempersingkat waktu pembelajaran. Tidak menutup kemungkinan juga semua murid menjadi memiliki kecepatan belajar yang sama dengan metode pembelajaran ini.

Konten yang Dipersonalisasikan Kepada Kemampuan Murid

Ada murid yang jago matematika dan ada murid yang jago seni. Ada juga murid yang jago di bidang lain selain dua yang sudah disebutkan tadi. AI bisa membantu tenaga pengajar untuk memberikan materi pembelajaran yang sudah disesuaikan dengan keahlian mereka.

Ini membuat murid bisa fokus mempertajam keahlian mereka tanpa membebani tenaga pengajar. Di teknologi AI yang lebih maju, tidak menutup kemungkinan penyampaian materi bisa disesuaikan dengan jenis kecerdasan yang dimiliki oleh murid.

Baca juga: 3 Tantangan Bisnis Dalam Mengadopsi AI, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Pengajaran Dinamis dan Interaktif

Dengan menganalisa hasil pengajaran dan dicocokan dengan nilai yang didapatkan oleh murid, AI bisa menawarkan solusi feedback kepada para pengajar dan menciptakan kondisi pengajaran yang kaya evaluasi.

Sistem pengajaran konvensional umumnya hanya berjalan satu arah, dari guru ke murid. Dengan teknologi AI, sistem pengajaran bisa dirubah menjadi dua arah. Dimana AI bisa memberikan saran dan rekomendasi berdasarkan data yang ia dapatkan.

Otomasi Penilaian dan Soal Latihan

Membuat soal memang menjadi masalah sendiri dalam dunia pengajaran. Soal yang terlalu mudah tidak akan bisa mengukur kemampuan murid dengan tepat, sedangkan soal yang terlalu sulit juga akan mempersulit pemahaman murid akan pelajaran yang diberikan.

Karena itu AI memberikan solusi dalam memberikan rekomendasi soal. Apalagi dengan adanya data pengajaran yang sudah dikumpulkan sebelumnya, AI bisa memprediksi bagaimana kualitas soal yang seharusnya dibuat untuk murid.

Dan terakhir, AI juga bisa membantu penilaian yang akan dilakukan setelah ujian. Karena penilaian yang hanya diambil dari 1 kali ujian saja tidak fair untuk mengukur kemampuan murid, AI umumnya juga mampu memberikan analisa kemampuan murid mulai dari mereka belajar pertama kali sampai selesai ujian.

Baca juga: 6 Kegagalan Utama Industri Manufaktur, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Menarik Bukan Dunia AI?

Anda sudah melihat bahwa implementasi teknologi AI tidak hanya terbatas pada bisnis dan industri saja. AI bisa membantu sampai ke titik terkecil kehidupan, dan pendidikan adalah salah satunya. Iya dong, siapa yang tidak butuh pendidikan?

Jadi, apakah Anda sudah siap menghadapi kehidupan bersama AI?

Comments are closed.