fbpx

Konsep Siemens pada Smart Factory untuk Indonesia?

Bagaimana Siemens mengonsep smart factory untuk sektor manufaktur di Indonesia? Siemens memperkenalkannya melalui Innofest ID 2018. Silakan kunjungi kantor Kementerian Perindustrian Indonesia hingga 27 Juli 2018 di Jakarta.

Melalui Innofest ID 2018, Siemens Indonesia menampilkan konsep Smart Factory berupa solusi yang dinamai SIMATIC IOT2040, Siemens Radio-Frequency Identification (RFID) System, dan MindSphere—sistem operasi Internet of Things (IoT) terbuka berbasis cloud yang juga buatan Siemens. Acara ini diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian Indonesia (BPPI) dengan tema Membangun Ekosistem Inovasi untuk Menjadikan Indonesia 4.0 yang berlangsung pada 24-27 Juli 2018 di gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta.

ndustri global memasuki era baru yang dikenal sebagai Industri 4.0. Era baru ini menampilkan digitalisasi manufaktur berkat kemajuan teknologi yang berbasis analisis big data, komputasi awan (cloud computing), dan koneksi intensif antara manusia dan mesin.

Industri 4.0 merupakan tren terkini dari otomasi dan pertukaran data yang menghasilkan terciptanya smart factory. Di dalam struktur modular smart factory tersebut, sistem cyber physical dapat memantau proses produksi, menciptakan tiruan virtual dari wujud fisik, mendorong pengambilan keputusan yang terdesentralisasi serta transparansi data-data produksi sehingga dapat menunjang kemajuan Industri 4.0.

Produk ini berperan sebagai intelligent gateway yang mampu menstandarisasi komunikasi dari berbagai sumber data, kemudian menganalisa dan meneruskannya kepada penerima yang sesuai dan tepat. Solusi ini memungkinkan untuk menerapkan konsep produksi yang berorientasi pada masa depan bahkan untuk pabrik yang telah lama beroperasi. Aplikasi MindSphere adalah sistem operasi IoT terbuka berbasis cloud dari Siemens yang menghubungkan produk, pabrik, sistem, dan mesin, serta menghasilkan data dari Internet of Things dengan analisis tingkat lanjut. Awal Juli 2018, Siemens dan Alibaba Cloud, bisnis unit komputasi awan (cloud) dari Alibaba Group, telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka kemitraan guna mendorong IoT di China. Kedua perusahaan ini memanfaatkan teknologi dan sumber daya industri masing-masing untuk membangun solusi IoT yang unik guna mendukung Industri 4.0, peningkatan dan transformasi manufaktur China serta inisiatif industri Internet lainnya.

Comments
  • venezuela map for garmin says:

    Good write-up. I definitely love this site. Thanks!| а

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *