fbpx
Bagaimana Peran Software Manajemen Produksi dalam Industri Manufaktur?

Bagaimana Peran Software Manajemen Produksi dalam Industri Manufaktur?

Infonya software manajemen produksi bisa menangani berbagai urusan terkait produksi secara otomatis dalam Industri Manufaktur. Seberapa canggih?

Sebagai sebuah industri yang esensial, industri manufaktur membutuhkan sumber daya yang besar dalam menangani berbagai kebutuhan untuk pengelolaan bisnis di dalamnya. Dulu, dibutuhkan sumber daya manusia dalam skala besar untuk dapat menangani berbagai macam pekerjaan terkait dengan manufaktur mengingat betapa rumit dan sulitnya pengerjaan tersebut.

Ini membuat biaya operasional menjadi mahal, serta resiko miskomunikasi yang besar. Sebab sebuah pekerjaan akan menjadi kurang efektif jika terlalu banyak orang yang terlibat di dalamnya. Karena itu, terobosan baru sangat dinanti dalam mengoptimalkan kinerja industri tanpa mengorbankan kuantitas dan kualitas produksinya.

Berkat perkembangan teknologi, semua itu ternyata bisa didapatkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Software Manajemen Industri. Seberapa besar efeknya?

Apa Itu Software Manajemen Produksi?

Software Manajemen Industri merupakan salah satu terobosan teknologi yang berguna untuk digitalisasi industri manufaktur. Software tersebut bisa membantu mengotomasi pekerjaan-pekerjaan yang selama ini ditangani oleh manusia secara manual.

Sehingga hasil pekerjaan bisa didapatkan secara otomatis (dan tentunya, real time). Dan karena menggunakan teknologi, maka kesalahan akan sangat minim terjadi.

Software Manajemen Industri bisa mencatat progress pengerjaan dari dalam industri, mendata inventaris, menghitung formula dan penghitungan produksi, mendeteksi error dan menjadwalkan perawatan mesin secara otomatis, sampai menangani hubungan supply chain. Semuanya dilakukan secara terintegrasi di dalam software dan bisa diakses oleh siapapun yang memiliki otoritas.

Dengan begitu semua perusahaan manufaktur bisa meningkatkan produktivitas bisnisnya, namun dengan biaya yang jauh lebih murah dan proses yang lebih cepat.

Jenis Software Manajemen Produksi dalam Industri Manufaktur

Dan tentu saja ada banyak jenis software manajemen produksi yang biasa digunakan dalam berbagai industri manufaktur. Berikut beberapa jenisnya.

Smart Manufacturing Software

Software ini membantu melakukan otomasi dalam semua hal yang terkait dengan kegiatan manufaktur. Mulai penanganan penjadwalan produksi, pemantauan kualitas, sampai mengatur pengerjaan yang dilakukan di lapangan.

Ini merupakan software paling penting dalam semua perusahaan manufaktur, mengingat software ini yang akan paling meningkatkan kinerja perusahaan anda. Anda juga bisa mempelajari lebih lanjut tentang Smart Manufacturing Software yang kami miliki.

Inventory Management

Proses produksi tentu melibatkan banyak barang. Mulai dari barang mentah, setengah jadi, sampai barang jadinya dan berikut dengan proses logistik dan penyimpanannya. Tentu saja ini bukan perkara mudah.

Karena itu software ini ada. Inventory Management akan membantu mencatat barang keluar masuk, barang yang telah diproses, sampai melakukan forecasting pembelian ulang. Sehingga membantu proses kerja, terutama bagian procurement yang harus melakukan pemesanan jauh-jauh hari namun kesulitan jika harus mengecek inventori secara manual.

Supply Chain Management

Berhubungan dengan software sebelumnya, namun Supply Chain Management lebih terfokus pada menjaga komunikasi logistik agar proses barang keluar dan masuk bisa terpantau dengan baik.

Software ini akan banyak membantu dalam melacak perjalanan barang dan proses retur jika ternyata ada barang yang tidak layak untuk masuk ke dalam inventori.

Customer Relationship Management (CRM System)

Jika tadi kita sudah menyebutkan software yang digunakan untuk mengoptimasi internal perusahaan, maka sekarang adalah software yang membantu proses pemasaran dengan pihak eksternal anda.

Customer relationship management software, atau biasa disebut dengan CRM System bisa membantu pencatatan dari hubungan anda dengan pihak external (seperti customer anda). Anda bisa memantau perkembangan tiap-tiap customer, serta membantu tim marketing dalam melakukan proses follow up.

Software ini sangat penting dalam mengatur relasi dengan klien, sehingga tim marketing anda tidak salah dalam mengambil langkah saat menentukan kapan harus closing.

Enterprise Resource Planning (ERP Software)

Enterprise Resource Planning berguna untuk menyederhanakan semua kegiatan yang perlu dikerjakan di dalam perusahaan dari semua divisi. Mudahnya, software ini membantu kolaborasi antar satu divisi dengan divisi lain sehingga mengurangi kemungkinan miskomunikasi antar pekerja.

Contohnya jika tim marketing anda memerlukan data traffic di website promosi, maka mereka bisa mengeceknya lewat software ERP ini tanpa perlu mendatangi tim IT. Begitu juga jika tim produksi ingin mengetahui berapa sisa barang mentah yang tersedia di inventaris, mereka tidak perlu repot-repot menunggu tim gudang untuk menginfokan.

Efisiensi kerja pun akan meningkat, namun sekali lagi tanpa perlu menambah biaya yang terlalu tinggi.

Fungsi dan Peran Software Manajemen Produksi dalam Efisiensi Kinerja dan Digitalisasi Industri Manufaktur

Setelah anda melihat contoh dari 5 jenis software manufaktur di atas, seharusnya sekarang anda sudah mulai paham sejauh mana software bisa mempengaruhi kinerja perusahaan anda.

Banyak keuntungan software manajemen manufaktur yang bisa anda dapatkan, seperti:

Menyederhanakan Proses Kolaborasi

Bagaimanapun karyawan anda tidak mungkin bekerja sendiri. Mereka butuh informasi dan bantuan satu dengan yang lain, seperti tim pengadaan dengan tim finance, tim pemasaran dengan tim gudang, dan sebagainya.

Software bisa menyederhanakan proses itu, dari yang semula harus serba manual dan saling menunggu menjadi secara otomatis.

Memudahkan Pemantauan

Hal yang paling mengacaukan kinerja perusahaan adalah jika ada satu hal yang tidak terpantau dan terlewat, sehingga mengacaukan kerja seluruh divisi yang terdampak dari hal tersebut.

Dengan bantuan software, semua divisi tidak perlu lagi melakukan pemantauan mikro yang sangat menguras waktu dan pikiran. Software akan membantu mendata semua hal yang perlu dipantau dan kemudian memberikan peringatan apabila ada masalah yang terdeteksi.

Membantu Merawat Hubungan dengan Klien

Dengan bantuan CRM, maka tim sales dan marketing tidak perlu khawatir akan lupa dengan progress klien yang sudah sampai mana. CRM juga mencatat apa saja daftar masalah yang terjadi dalam proses kontak dengan klien, sehingga mengurangi kemungkinan salah pengambilan keputusan.

Kesimpulan

Di tengah persaingan bisnis dan perkembangan digital yang semakin maju, tentu saja anda harus bisa catch up dengan itu. Apalagi ini adalah soal pertumbuhan dan ketahanan dari usaha anda. Jika anda masih ngotot dengan cara manual dan tradisional, bukan tidak mungkin anda bisa tertinggal dengan pesaing anda.

Berbagai macam software sudah dikembangkan dan bisa membantu anda dalam menjalankan bisnis yang rumit. Semakin efisien kerja bisnis anda, tentu akan semakin tinggi juga profit yang akan dihasilkan. Karena itu, mulailah melakukan otomasi pada perusahaan manufaktur anda sendiri dan menjadi siap bersaing dalam era revolusi industri 4.0

Comments are closed.