Blog ›

Bagaimana Cara Menyusun Strategi Digital Marketing yang Tepat?

I
Reading Time: 3 minutes

Dengan memiliki strategi digital marketing yang tepat, maka pertumbuhan perusahaan pun bisa naik berlipat

Digital marketing sudah menjadi salah satu opsi yang diperhitungkan dalam mengembangkan perusahaan di era revolusi industri 4.0 ini. Selain karena mudah digunakan, digital marketing juga dilengkapi dengan targeting dan budget control. Sehingga perusahaan tidak perlu khawatir menghabiskan uang terlalu banyak, namun tidak mendapatkan prospek yang relevan.

Hanya saja mengingat ada banyak sekali channel digital marketing yang bisa digunakan, seringkali kita menemui masalah dalam memilih channel dan strategi marketing yang tepat. Tidak jarang juga terjadi, ada perusahaan yang salah memilih channel dan akhirnya malah rugi. Ketahuilah bahwa bukan berarti digital marketing tidak bekerja!

Mengapa Strategi Digital Marketing Perlu Anda Implementasikan?

Kami sudah pernah membahas masalah mengapa bisnis perlu strategi digital marketing. Salah satu poin yang paling penting adalah, pengguna internet yang terus bertumbuh setiap harinya. Anda, sebagai seorang pemilik perusahaan tentu tidak mau kehilangan potensi sebesar itu bukan?

Jika anda memiliki seorang digital marketer internal, maka itu akan jauh lebih baik. Sebab mereka memang sudah terdidik untuk menyusun berbagai strategi digital marketing untuk perkembangan perusahaan. Nah, bagaimana jika anda tidak punya? Kami akan membantu anda untuk menemukan strategi yang tepat (setidaknya untuk langkah awal) di dalam artikel ini.

Butuh solusi digital marketing yang cepat, mudah, dan menghasilkan? Anda mungkin perlu mengunjungi jasa digital agency kami

Faktor Penentu Strategi Digital Marketing

Salah satu hukum utama di dalam digital marketing adalah relevansi. Jika anda bisa menjaring prospek dan calon klien yang relevan, maka sebenarnya anda sudah memenangkan 50% dari pertempuran.

Karena itu, kebanyakan dari faktor yang akan disebutkan di sini sedikit banyak akan menyinggung masalah relevansi. Berikut daftarnya:

Tentukan Channel yang Cocok Dengan Persona Bisnis dan User yang Anda Target

Seperti yang sudah kami bahas di artikel Kenali 5 Karakteristik Kanal Utama Digital Marketing, ada banyak channel yang bisa anda manfaatkan dalam dunia digital marketing. Hanya saja, tidak semuanya cocok untuk profil bisnis anda. Dan memang inilah yang harus pertama kali anda tentukan sebelum memulai.

Contohnya, persona pengguna di LinkedIn tentu berbeda dengan di TikTok. Dan anda harus mencocokan profil bisnis anda terhadap salah satu dari daftar sosial media tersebut. Silahkan anda melakukan survey kecil-kecilan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan.

Ingat jika anda salah pilih, maka anda bisa tidak mendapatkan audience sama sekali. Atau anda mendapatkan audience temporer, yang hanya sekadar memantau tanpa mau melakukan konversi.

Buat Strategi Konten Marketing yang Menarik, Sesuai dengan User Persona Anda

Jika anda menarget anak muda, maka buat konten yang sesuai dengan anak muda. Dan jika anda menarget professional, maka buat juga konten yang sesuai dengan para professional.

Hindari membuat konten yang hanya ikut-ikutan akun lain, apalagi hanya karena kepingin viral. Sesekali mengikuti arus tentu diperbolehkan untuk memancing ketertarikan audience. Tapi jika strategi itu anda terapkan sepenuhnya, maka hasilnya tidak akan baik.

Dan jangan berusaha untuk merangkul semua audience. Karena jelas sekali kalau bisnis anda tidak mungkin dibutuhkan oleh semua orang di dunia.

Contoh mudahnya: tidak mungkin sebuah sekolah SMP berusaha merangkul audience yang berusia 25 tahun. Secara mereka sudah tidak membutuhkan pendidikan SMP, dan walaupun mereka punya anak pun belum sampai ke jenjang pendidikan tersebut.

Tentukan Goal dari Strategi Anda dan Tetap Fleksibel

Ingat, hanya 1 goal untuk setiap strategi. Jangan mencampur-campur banyak goal sekaligus, karena itu malah akan membunuh strategi anda sendiri. Contohnya, jika anda ingin mengejar followers, maka fokuslah mengejar followers terlebih dahulu. Jangan dicampur-campur dengan usaha berjualan karena akan membuat audience anda bimbang.

Tentu saja ini bukan berarti anda hanya boleh memiliki 1 goal saja sepanjang masa. Anda tentu boleh memiliki beberapa goal, tapi anda juga harus mempersiapkan beberapa strategi juga untuk mengejar goal tersebut. Dan tentunya, jangka waktu yang sesuai.

Fokus Membangun Kepercayaan Audience

Kepercayaan adalah poin penting di dalam digital marketing. JIka audience anda sudah percaya, maka akan mudah anda konversi menjadi pelanggan juga nantinya.

Susun langkah-langkah anda dalam mendapatkan kepercayaan audience terlebih dahulu. Salah satu cara yang sering digunakan oleh para digital marketing strategist, adalah dengan membangun citra sebagai seorang expert di bidang yang dijalankan oleh perusahaan.

Jangan Ragu Bereksperimen

Terkadang hal yang tidak terduga bisa muncul dari eksperimen-eksperimen baru. Karena itu, jangan ragu untuk membuat eksperimen strategi digital marketing yang baru dan yang bahkan tidak terpikirkan oleh brand lain sebelumnya.

Di luar sana ada banyak brand yang selalu berkreasi dengan berbagai strategi untuk mendapatkan audience sebanyak-banyaknya. Kreasikan bentuk konten, bahasa, sampai mencoba targeting baru untuk mendapatkan insight yang belum pernah anda dapatkan sebelumnya.

Butuh konsultasi? Kunjungi jasa konsultan bisnis digital kami!

Kesimpulan

Menyusun strategi yang 100% tepat memang tidak mudah. Bahkan strategi yang sebelumnya bekerja, bisa jadi kadaluarsa di kemudian hari dan tidak menghasilkan apapun. Karena itu anda harus selalu fleksibel dan mencari insight yang baru seputar dunia digital marketing, agar strategi yang anda susun tetap bisa membawakan konversi yang baik bagi bisnis anda.

Bagikan Artikel Ini

Aktivitas Terbaru Sasana Digital

/