fbpx
Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Memasang Facebook Ads?

Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Memasang Facebook Ads?

Memasang Facebook Ads tidak bisa sembarang memasang, atau anda akan mendapatkan hasil yang kurang baik dari budget anda. Berikut tips yang bisa anda gunakan

Mengingat penggunanya yang terus meningkat, sosial media Facebook menjadi salah satu sasaran utama para digital marketer untuk beriklan di sana. Selain karena fiturnya yang lengkap, Facebook juga menawarkan dasbor laporan yang sangat lengkap sehingga Facebook menjadi kanal yang tidak boleh dilewatkan.

Namun apakah ada metode khusus untuk beriklan di Facebook? Kami yakin ada dari anda yang sudah pernah memasang Facebook Ads namun tidak berhasil mendapatkan prospek yang diinginkan. Sebenarnya apa yang salah?

Optimasi yang Ada di dalam Facebook Ads

Jika anda asal memasang, tentu saja ada kemungkinan orang yang melihat iklan anda tidak sesuai dengan profil bisnis yang anda iklankan. Misalnya anda mengiklankan produk mobil, tapi bisa saja tampil ke orang yang mencari ponsel. Sebab memang algoritma Facebook Ads tidak bisa membaca pikiran kita.

Karena itu, anda perlu mengeset semuanya terlebih dahulu untuk memastikan iklan tidak salah sasaran. Untungnya Facebook Ads memiliki berbagai cara untuk mengoptimasi iklan anda.

Goal Optimization

Facebook mendukung berbagai format goal iklan, mulai dari brand awareness sampai conversion based. Setiap goal yang anda pilih akan menyesuaikan opsi pengaturan di tahap berikutnya.

Yang perlu anda perhatikan adalah langkah-langkah berikutnya tersebut, seperti memilih event yang akan digunakan dari Facebook Pixel atau delivery optimization yang anda targetkan. Misalnya jika iklan anda adalah untuk mendapatkan jangkauan sebanyak-banyaknya, maka anda harus memilih delivery optimization reach. Dan jika anda memilih yang lain, maka ada kemungkinan iklan tidak berjalan seperti yang diharapkan.

Baca Juga: Mencari Training Facebook Ads? Yuk Coba Layanan Training Sasana Digital!

Ini sangat penting, karena akan mempengaruhi Facebook dalam menayangkan iklan ke pengguna. Salah memilih bisa mengurangi potensi iklan, sebab Facebook akan menayangkan iklan ke pengguna yang salah.

Targeting dan Audience

Ini merupakan inti dari semua optimasi yang ada di Facebook Ads. Sebagus apapun iklan anda dan sebanyak apapun budget yang dialokasikan, tidak akan berguna jika iklan tidak ditujukan kepada audience yang tepat.

Di Facebook Ads, anda benar-benar diberi keleluasaan untuk mengatur target setepat mungkin. Anda bisa mengatur penargetan berdasarkan ketertarikan, jabatan, kepemilikan perangkat, sampai penargetan berdasarkan status pernikahan.

Temukan langkah-langkah mempelajari Facebook Ads di halaman Training Digital Marketing kami

Jika anda ingin meningkatkannya lebih jauh lagi, anda juga bisa menggunakan custom audience yang bisa dibuat dari sumber data yang ada di Facebook maupun situs atau aplikasi anda. Misalnya anda mau menarget hanya orang yang mengunjungi profil anda dalam 30 hari terakhir, dengan menggunakan custom audience maka semuanya mungkin.

Ad Schedule

Anda juga bisa menayangkan iklan anda pada jam-jam tertentu. Misalnya jika iklan anda ditujukan kepada para pebisnis yang ingin meningkatkan performa bisnis mereka, maka anda bisa menayangkan iklan anda selama jam kerja.

Perlu dicatat bahwa tidak ada konsep prime time di dalam Facebook Ads, dan tidak ada standar pasti dalam penentuan jam tayang. Iklan anda bisa ramai di jam-jam tertentu, namun di lain iklan bisa saja lain.

Tip: Gunakan data laporan berdasarkan zona waktu dari pengguna untuk mendapatkan informasi jam tayang terbaik

Placement (Penempatan)

Jaringan Facebook sangatlah luas. Mulai dari sosial media Facebook itu sendiri, Instagram, sampai jaringan situs partner mereka. Karena itu, opsi penempatan iklan juga sangat beragam.

Dan tugas anda adalah memastikan iklan anda tayang di tempat yang tepat. Salah satu contoh yang paling sering terjadi adalah perbedaan profil pengguna baik di Facebook (Gen X) dan Instagram (Gen Y dan Gen Z). Sehingga jika iklan anda ditargetkan untuk generasi tertentu, maka anda harus menentukan penempatan yang tepat.

Baca Juga: Kekuatan dan Fungsi Lengkap Facebook Ads Bagi Bisnis Anda

Salah menentukan penempatan akan membuat budget anda terbuang. Karena iklan terlihat tapi tidak ada yang tertarik.

Cost Control

Terakhir tapi tidak kalah penting adalah penentuan cost control atau pengendalian biaya. Dalam dunia digital marketing, ada yang namanya konsep CPA atau Cost Per Acquisition atau biaya akuisisi. Cara menghitungnya adalah dengan mengambil porsi budget iklan per transaksi dari setiap penjualan anda.

Dan tentu saja jangan sampai biaya per transaksi yang anda bayar dari iklan melebihi budget yang anda sediakan. Misalnya jika anda menempatkan budget iklan sebesar 1.000.000 rupiah dengan target penjualan sebesar 10 transaksi, maka anda harus menyetel cost control maksimal sebesar 100.000 agar anda bisa memenuhi target.

Tip: Cost control bisa dijadikan sebagai parameter kesuksesan iklan berbasis konversi, semakin rendah nilainya maka semakin efektif iklannya

Optimalkan Iklan Anda, dan Dapatkan Hasil Maksimal

Anda memiliki kebebasan untuk memasang iklan, maka manfaatkan itu sebaik-baiknya! Semua opsi ini tentu tidak bisa anda dapatkan di iklan media konvensional (seperti iklan televisi). Gunakan semua fiturnya sebaik mungkin, dan dapatkan hasil yang terbaik dari setiap iklan.

Comments are closed.