Blog ›

Apa Itu Omnichannel vs Multichannel?

I

Perkembangan teknologi dan digitalisasi bisnis telah memperkenalkan istilah Omnichannel dan Multichannel dalam strategi pemasaran dan penjualan. 

Kedua strategi ini memungkinkan perusahaan untuk memaksimalkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan konversi penjualan. 

Namun, seringkali istilah ini digunakan secara bergantian dan menyebabkan kebingungan. Artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara kedua hal tersebut.

Apa Itu Omnichannel?

Omni adalah kata yang merujuk konsep atau strategi bisnis yang melibatkan banyak saluran komunikasi dan penjualan yang terintegrasi dengan baik. Arti dari istilah omni sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti “semua”.

Omnichannel adalah strategi bisnis yang mengintegrasikan banyak saluran komunikasi dan penjualan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang mulus dan konsisten, tanpa memandang saluran yang digunakan. 

Konsep ini bertujuan untuk memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan perusahaan melalui berbagai saluran, seperti toko fisik, situs web, media sosial, dan lainnya. 

Dalam strategi omnichannel, semua saluran terhubung dan dapat diakses oleh pelanggan, sehingga memberikan pengalaman yang lebih terpadu dan personal.

Hal ini, perusahaan perlu memastikan bahwa semua saluran bekerja bersama untuk memberikan pengalaman pelanggan yang seamless dan memuaskan. Sehingga pelanggan dapat terus kembali dan berinteraksi dengan perusahaan secara berkelanjutan.

Baca Juga:

Setelah mengetahui apa itu omnichannel, berikutnya kita akan membahas tentang pengertian apa itu multichannel.

Apa Itu Multichannel?

Multichannel adalah strategi bisnis yang melibatkan banyak saluran komunikasi dan penjualan untuk berinteraksi dengan pelanggan. 

Konsep multichannel melibatkan penggunaan beberapa saluran penjualan dan promosi, seperti toko fisik, situs web, email, SMS, telepon, dan lainnya, dengan tujuan meningkatkan jangkauan dan penjualan. 

Dalam strategi multichannel, perusahaan berusaha untuk memastikan bahwa pelanggan dapat memilih saluran yang paling nyaman dan sesuai dengan preferensi mereka.

Namun, perbedaan utama antara multichannel dan omnichannel adalah bahwa dalam multichannel, saluran yang digunakan tidak terhubung dan tidak dapat diakses oleh pelanggan secara bersamaan. 

Dalam hal ini, pengalaman pelanggan mungkin tidak terpadu dan konsisten. Selain itu, perusahaan dapat mengalami kesulitan dalam mengumpulkan data pelanggan dari berbagai saluran untuk memahami preferensi dan kebutuhan mereka.

Dalam strategi multichannel, perusahaan perlu memastikan bahwa setiap saluran berfungsi secara optimal dan memiliki pesan pemasaran yang konsisten. 

Perusahaan juga dapat memaksimalkan potensi bisnis dan meningkatkan penjualan. Namun, perusahaan perlu mempertimbangkan perbedaan antara saluran dan preferensi pelanggan mereka untuk mencapai efektivitas pemasaran dan penjualan yang optimal.

Baca Juga: Apa Itu Digital Marketing 101 dari Jenis, Strategi + Tipsnya

Setelah mengetahui terkait omnichannel dan multichannel, selanjutnya kita akan membahas perbedaan diantara keduanya. Berikut penjelasannya.

Perbedaan Omnichannel dan Multichannel

perbedaan omnichannel dan multichannel

Berikut adalah beberapa perbedaan omnichannel vs multichannel, antara lain:

1. Perjalanan dan Pengalaman Pelanggan

Perbedaan utama antara Omnichannel dan Multichannel terletak pada perjalanan (Journey) dan pengalaman pelanggan. 

Omnichannel memberikan pengalaman yang terpadu, terintegrasi, dan personal di semua saluran, sementara Multichannel tidak terhubung dan mungkin kurang personal. 

Dalam Omnichannel, pelanggan dapat memilih saluran yang paling nyaman dan sesuai dengan preferensi mereka, dan perusahaan dapat mengumpulkan data pelanggan dari berbagai saluran untuk memahami preferensi mereka. 

Selain itu, Omnichannel memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan berbagai saluran secara bersamaan. 

Dalam Multichannel, setiap saluran mungkin berfungsi secara optimal dan memiliki pesan pemasaran yang konsisten, tetapi pengalaman pelanggan mungkin tidak terpadu dan kurang personal. 

Perusahaan perlu mempertimbangkan perbedaan antara saluran dan preferensi pelanggan mereka untuk mencapai efektivitas pemasaran dan penjualan yang optimal.

Baca Juga: Customer Journey: Pengertian, Fase, serta 5 Proses Utamanya

2. Pesan Pemasaran

Perbedaan antara Omnichannel dan Multichannel dalam pesan pemasaran terletak pada konsistensi pesan dan cara perusahaan mengirimkannya melalui saluran yang berbeda. 

Dalam Omnichannel, pesan pemasaran konsisten dan terpadu di setiap saluran. Perusahaan dapat menciptakan pesan yang relevan dengan preferensi pelanggan mereka dan memastikan bahwa pesan tersebut terdistribusi dengan konsisten melalui semua saluran. 

Di sisi lain, dalam Multichannel, mungkin ada perbedaan dalam pesan pemasaran di setiap saluran, yang dapat membuat pesan tidak konsisten atau bahkan bertentangan. 

Dalam hal ini, perusahaan perlu mempertimbangkan pesan pemasaran yang konsisten untuk mencapai efektivitas pemasaran dan penjualan yang optimal.

Memastikan bahwa pesan pemasaran yang konsisten dan terintegrasi di semua saluran juga dapat meningkatkan kesadaran merek dan kepercayaan pelanggan.

3. Interaksi Pelanggan

Perbedaan antara Omnichannel dan Multichannel dalam interaksi pelanggan terletak pada kemampuan pelanggan untuk berinteraksi dengan perusahaan melalui berbagai saluran secara bersamaan dan terintegrasi. 

Dalam Omnichannel, pelanggan dapat berinteraksi dengan perusahaan melalui beberapa saluran sekaligus dan informasi yang dikumpulkan dari interaksi tersebut akan terintegrasi untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan efektif.

Sedangkan dalam Multichannel, pelanggan mungkin hanya dapat berinteraksi dengan perusahaan melalui saluran yang telah disediakan dan informasi dari interaksi tersebut mungkin tidak terintegrasi dengan saluran lain. 

Dalam hal ini, Omnichannel memberikan fleksibilitas kepada pelanggan untuk memilih saluran yang paling nyaman bagi mereka dan memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data dari berbagai saluran.

Baca juga: 6 Digital Marketing Channel pada Bisnis: Organic + Paid

4. Pengumpulan Data Pelanggan

pengumpulan data omnichannel

Perbedaan antara Omnichannel dan Multichannel dalam pengumpulan data pelanggan terletak pada kemampuan perusahaan untuk mengumpulkan dan mengintegrasikan data dari berbagai saluran. 

Dalam Omnichannel, data pelanggan dari berbagai saluran akan terintegrasi secara otomatis sehingga perusahaan dapat memahami preferensi pelanggan dengan lebih baik dan menyesuaikan pesan pemasaran mereka dengan lebih efektif. 

Sementara itu, dalam Multichannel, data mungkin terpisah pada masing-masing saluran, sehingga perusahaan mungkin perlu meluangkan waktu dan sumber daya tambahan untuk mengumpulkan data dan mengintegrasikannya. 

Dalam hal ini, Omnichannel memberikan keuntungan lebih dalam pengumpulan data pelanggan dan memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik berdasarkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang preferensi pelanggan.

5. Fokus Pelanggan

Perbedaan utama antara Omnichannel dan Multichannel adalah fokus mereka pada pengalaman pelanggan. 

Dalam Omnichannel, fokusnya adalah pada pelanggan dan memberikan pengalaman yang terintegrasi, mulus, dan konsisten melalui semua saluran yang tersedia. 

Dengan Omnichannel, perusahaan dapat melacak perilaku pelanggan dan memberikan pesan pemasaran yang sesuai dan personalisasi sesuai dengan preferensi dan perilaku pelanggan.

Di sisi lain, Multichannel lebih berfokus pada saluran dan mengoptimalkan setiap saluran secara individual. 

Dalam Multichannel, perusahaan mungkin tidak memiliki visibilitas lengkap pada preferensi pelanggan karena data mungkin terpisah pada masing-masing saluran.

Oleh karena itu, fokus Multichannel adalah pada saluran itu sendiri dan mencoba memaksimalkan penggunaan saluran tersebut. 

Meskipun Multichannel tetap memberikan pengalaman pelanggan yang baik, namun Omnichannel jauh lebih fokus pada memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan dengan memberikan pengalaman yang terintegrasi dan personalisasi.

6. Personalitas Kampanye

Perbedaan lain antara Omnichannel dan Multichannel adalah personalitas kampanye yang dihasilkan. 

Dalam Omnichannel, perusahaan dapat membangun personalitas kampanye yang konsisten dan terintegrasi melalui semua saluran, memastikan pesan yang disampaikan tidak saling bertentangan. 

Ini membantu membangun brand image yang kuat dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Sementara itu, Multichannel cenderung menghasilkan kampanye yang lebih beragam dan tidak selalu konsisten di semua saluran. Kampanye mungkin dibangun secara terpisah untuk setiap saluran tanpa memperhatikan keseluruhan gambaran.

Ini dapat menyebabkan pesan yang berbeda-beda dan tidak koheren antar saluran, yang dapat mengaburkan citra merek dan membingungkan pelanggan.

Oleh karena itu, perusahaan harus mempertimbangkan personalitas kampanye yang dihasilkan dalam memilih strategi Omnichannel atau Multichannel. 

Jika konsistensi merek dan pengalaman pelanggan yang terintegrasi adalah prioritas utama, maka Omnichannel adalah pilihan yang lebih baik. 

Namun, jika perusahaan ingin lebih fleksibel dan dapat menyesuaikan kampanye dengan setiap saluran, maka Multichannel dapat menjadi pilihan yang lebih tepat.

Baca Juga: Strategi Digital Campaign, dari Pengertian, Jenis, hingga Contohnya

7. Efektifitas Pemasaran

Perbedaan antara Omnichannel dan Multichannel juga dapat dilihat dari segi efektivitas pemasaran. 

Omnichannel lebih efektif karena mampu memberikan pengalaman pelanggan yang terkoordinasi, mulai dari awal hingga akhir interaksi, sehingga meningkatkan loyalitas pelanggan. 

Selain itu, data yang dikumpulkan dari berbagai saluran dapat diproses untuk meningkatkan personalisasi kampanye pemasaran yang lebih baik, sehingga meningkatkan tingkat konversi. 

Di sisi lain, Multichannel memerlukan manajemen dan pengawasan yang ketat karena tidak semua saluran selalu memberikan hasil yang sama. 

Jika dikelola dengan buruk, pelanggan dapat merasa terganggu dengan terlalu banyaknya pesan pemasaran yang mereka terima. Oleh karena itu, Omnichannel menjadi pilihan yang lebih efektif untuk pemasaran modern.

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Digital Marketing Penting untuk Bisnis UKM

8. Jangkauan Audiens

jangkauan audiens omnichannel

Dalam hal jangkauan audiens, Omnichannel memiliki keunggulan karena dapat menjangkau audiens melalui berbagai saluran. 

Hal ini membuat Omnichannel dapat menjangkau pelanggan potensial yang mungkin tidak terjangkau oleh Multichannel yang hanya menggunakan beberapa saluran saja. 

Selain itu, dengan Omnichannel, pelanggan dapat berinteraksi dengan merek melalui saluran yang paling nyaman bagi mereka, sehingga meningkatkan kemungkinan pelanggan untuk terlibat lebih dalam dan meningkatkan kesadaran merek. 

Di sisi lain, Multichannel mungkin terbatas pada saluran tertentu, sehingga potensi jangkauan audiensnya lebih terbatas. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjangkau audiens dengan lebih efektif, Omnichannel adalah pilihan yang lebih tepat untuk strategi pemasaran Anda.

Berikutnya kita akan membahas contoh-contoh dari omnichannel dan multichannel.

Baca Juga: Behavioral Targeting: Menyasar Kebiasaan Konsumen

Contoh Omnichannel dan Multichannel

contoh omnichannel

Contoh Omnichannel dapat dilihat pada perusahaan ritel yang menawarkan berbagai saluran pembelian, seperti toko fisik, situs web, aplikasi seluler, media sosial, dan lain-lain. 

Seorang pelanggan dapat membeli produk melalui toko fisik, tetapi juga dapat melakukan pembelian melalui aplikasi seluler atau situs web yang sama, dengan menggunakan akun yang sama. 

Pelanggan juga dapat mengembalikan produk melalui toko fisik atau dengan mengirimkannya melalui pos atau kurir.

Sementara itu, contoh Multichannel dapat ditemukan pada perusahaan yang menawarkan beberapa saluran pembelian, tetapi saluran-saluran tersebut mungkin tidak terintegrasi dengan baik. 

Misalnya, seorang pelanggan dapat membeli produk melalui situs web perusahaan atau toko fisik, tetapi mungkin tidak dapat mengakses informasi pembelian atau layanan pelanggan yang sama dari kedua saluran tersebut. 

Ini dapat menyebabkan pelanggan merasa kesulitan dalam melakukan pembelian atau mengelola masalah dengan produk yang mereka beli.

Dalam contoh Omnichannel, pelanggan memiliki fleksibilitas untuk menggunakan saluran pembelian mana pun yang paling nyaman bagi mereka, sambil tetap dapat mengakses informasi dan layanan yang sama dari semua saluran tersebut. 

Hal ini meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pelanggan secara keseluruhan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan loyalitas dan penjualan.

Baca juga: 10+ Tugas Digital Marketer dan Gajinya di 2023. Tertarik?

Pertanyaan Seputar Omnichannel vs Multichannel

Ada beberapa pertanyaan menarik yang berkaitan dengan Omnichannel vs Multichannel. Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran Anda terkait Omnichannel vs Multichannel.

1. Apa yang Dimaksud Omnichannel dan Multichannel?

Omnichannel dan multichannel merupakan strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk memperluas jangkauan audiens dan meningkatkan pengalaman pelanggan. 

Multichannel berarti perusahaan menyediakan banyak saluran atau channel untuk pelanggan berinteraksi, sedangkan omnichannel lebih mengarah pada integrasi saluran-saluran tersebut menjadi satu kesatuan yang terkoordinasi dan menyeluruh.

2. Apa Perbedaan Omnichannel Marketing dan Multichannel Marketing?

Berikut ini adalah perbedaan antara Omnichannel dan Multichannel dalam bentuk listicle:

  1. Omnichannel menyediakan pengalaman pelanggan yang terpadu, sedangkan multichannel tidak terhubung.
  2. Dalam Omnichannel, pesan pemasaran konsisten dan terpadu di setiap saluran, sedangkan multichannel mungkin memiliki pesan yang berbeda.
  3. Omnichannel memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan berbagai saluran secara bersamaan, sedangkan multichannel tidak terintegrasi.
  4. Omnichannel membutuhkan pengumpulan data pelanggan dari berbagai saluran, sedangkan multichannel mungkin kesulitan dalam mengumpulkan data.
  5. Dalam Omnichannel, perusahaan fokus pada pelanggan, sedangkan multichannel lebih fokus pada saluran yang digunakan.

3. Mengapa Omnichannel dan Multichannel Penting?

Omnichannel dan multichannel sangat penting dalam strategi pemasaran karena mampu memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. 

Pelanggan saat ini mengharapkan kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja, dimana mereka bisa memilih saluran yang sesuai dengan preferensi mereka. 

Dengan adanya strategi omnichannel dan multichannel, pelanggan dapat memilih saluran yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka, tanpa harus merasa terbatas.

Baca Juga: Digital Marketing Funnel: Pengertian, Metode, dan Manfaat

Penutup

Dalam dunia bisnis yang semakin maju, memahami perbedaan antara omnichannel dan multichannel menjadi kunci penting dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

Dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, strategi omnichannel menjadi pilihan yang lebih relevan dan efektif untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan menyeluruh kepada pelanggan. 

Dengan strategi ini, bisnis dapat mengumpulkan data dan menganalisis kebutuhan pelanggan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mengembangkan produk yang lebih tepat sasaran. Selain itu, omnichannel juga memungkinkan bisnis untuk memperluas jangkauan audiens dan meningkatkan profitabilitas.

Untuk memilih strategi pemasaran yang tepat dan mengembangkan bisnis secara efektif, kami menawarkan layanan konsultasi digital marketing yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan strategi pemasaran yang tepat dan efektif untuk bisnis Anda. Klik banner dibawah ini!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?