fbpx
Apa Itu Kerja Asinkron Dan Apa Efeknya Terhadap Produktivitas Tim Kantor

Apa Itu Kerja Asinkron? Dan Apa Efeknya Terhadap Produktivitas Tim Kantor?

Sistem kerja secara asinkron belakangan ini semakin dikenal masyarakat. Sebab metodenya yang bisa digunakan oleh banyak orang sekaligus di waktu yang berbeda.

Mungkin anda sudah pernah mendengar istilah “bekerja secara asinkron”? Istilah ini cukup banyak disebutkan belakangan ini, seperti di lowongan kerja maupun saat meeting team. Sebenarnya apa maksud dari asinkron? Dan apa fungsinya untuk produktivitas perusahaan dan karyawan?

Asinkron, Bekerja Secara Terpisah

Sebelum kita membahas tentang asinkron, kita coba tilik bagaimana kebiasaan kerja sekarang. Apakah perusahaan anda juga menerapkan sistem WFH? Jika iya, berarti ada perubahan sistem kerja yang cukup besar dari yang sebelumnya bersama di kantor menjadi sendiri di rumah.

Asinkron artinya adalah secara terpisah. Konsep kerja secara asinkron tentu sangat cocok jika perusahaan anda mengadopsi sistem WFH karena dampak pandemi covid-19. Biasanya bekerja secara asinkron perlu didukung oleh perlengkapan aplikasi yang lengkap.Beberapa contoh aplikasi asinkron yang biasa digunakan untuk bekerja jarak jauh adalah Trello, Google Docs, Miro, dan banyak lagi. Tugas aplikasi tersebut adalah untuk mencatat kerja dari masing-masing individu, yang nantinya disatukan untuk menjadi satu hasil yang utuh.

Kelebihan Kerja Asinkron

Secara mengejutkan ternyata sistem kerja WFH secara asinkron tidak selalu merugikan perusahaan. Salah satu perubahan yang cukup besar yang dirasakan oleh karyawan adalah: kebebasan bekerja yang lebih luas. Karyawan pun bisa bekerja lebih leluasa, tanpa perlu menghabiskan waktu di jalan atau terlibat dalam politik kantor.

Selain itu ada beberapa kelebihan yang cukup menarik, terutama untuk pertimbangan bagi anda yang mau mengadopsi sistem kerja asinkron:

Tidak Bergantung Satu dengan yang Lain

Dengan bekerja secara asinkron, maka ketergantungan antara satu tim dengan yang lainnya akan lepas dan mereka bisa bekerja pada porsinya sendiri-sendiri. Pekerjaan besar nantinya akan dipecah menjadi bagian-bagian kecil, lalu dibagikan ke karyawan yang bertanggung jawab dengan tenggat waktu sendiri-sendiri.

Baca Juga: 5 Tools Google Wajib Untuk Menunjang Strategi Digital Marketing Perusahaan

Trello merupakan salah satu aplikasi yang mendukung untuk pencatatan pekerjaan dari masing-masing karyawan. Dengan aplikasi ini, maka setiap karyawan bisa mengupdate hasil kerjanya masing-masing dan hasilnya bisa diakses oleh tim lain tanpa perlu menunggu submit data terlebih dahulu.

Alur Kerja Masing-Masing

Alur kerja juga bisa disesuaikan oleh masing-masing karyawan. Tidak perlu lagi saling tunggu dan tim bisa saling update satu dengan yang lain di dalam aplikasi. Ini mengurangi distraksi antar tim, sebab tim jadi bisa fokus terhadap pekerjaannya.

Tidak Harus Bekerja Secara Berurutan

Karena porsinya sudah dibagi-bagi sejak awal, maka ketergantungan satu dengan yang lain juga bisa berkurang. Selain itu dengan bantuan aplikasi asinkron, setiap tim bisa memberikan ide mereka langsung di dalam aplikasi tanpa menunggu pertemuan atau meeting terlebih dahulu.

Dapatkan informasi aplikasi pendukung WFH di halaman aplikasi transformasi digital kami.

Kekurangan Kerja Asinkron

Namun bukan berarti sistem kerja baru ini bisa cocok untuk semua orang dan perusahaan. Ada juga beberapa kekurangan yang perlu diatasi ketika anda menggunakan konsep kerja seperti ini:

Halangan Komunikasi

Halangan komunikasi sudah menjadi salah satu kekurangan utama dari bekerja secara asinkron. Sebab anda tidak bisa menuntut karyawan untuk stay on line selama 8 jam berturut-turut. Ada saatnya karyawan anda terlalu fokus dengan pekerjaan, sehingga tidak mengecek aplikasi mereka sampai pekerjaan itu selesai.

Sulit Berkolaborasi

Bukan berkolaborasi secara asinkronnya, tapi lebih kepada kolaborasi secara langsung saat pengerjaan. Sebab belum tentu setiap tim memiliki koneksi internet yang baik. Aplikasi yang digunakan juga seringkali memiliki batasan pengguna, terutama jika anda menggunakan versi gratis.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Google Docs Dalam Pembuatan Dokumen Perusahaan

Selain itu, anda tidak bisa memanfaatkan sentuhan dan visual dari pergerakan fisik sebab anda melakukan komunikasi dari internet. 

Perlu Adaptasi

Terakhir, bila anda tidak terbiasa dengan sistem kerja ini, maka anda perlu menghabiskan waktu untuk beradaptasi terlebih dahulu. Dan tentu saja, saat-saat adaptasi akan menghasilkan inefesiensi kerja selama beberapa saat sampai seluruh tim memahami bagaimana alur dan peran mereka.

Apakah Ide yang Bagus Untuk Menerapkan Sistem Ini?

Tentu semua bergantung pada kondisi perusahaan anda. Dengan menerapkan sistem ini, maka pekerjaan tidak lagi terbendung oleh masalah ruangan dan kantor sebab pekerjaan bisa dilakukan di mana saja. Anda juga bisa menghemat biaya operasional, seperti sewa gedung dan biaya listrik serta internet yang bisa dikeluarkan.

Comments are closed.