Blog ›

Apa Itu Brand Ambassador? Ini Pengertian & Tanggung Jawabnya

I

Suatu perusahaan pasti memiliki strategi  untuk mempromosikan produknya dengan menggunakan jasa Brand Ambassador. Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui banyak tentang Brand Ambassador,Manfaat  maupun tugasnya.

Sasana Digital akan memaparkan  informasi mengenai Brand Ambassador yang akan membuka pengetahuan anda lebih jauh terkait hal tersebut.Mari simak paparan dibawah ini dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda para pembaca.

Memahami Apa itu  Brand Ambassador

Brand Ambassador adalah orang yang mewakili dan mempromosikan suatu brand/produk dengan mendukungnya dalam bentuk aktivitas yang sesuai dengan identitas perusahaan. 

Pada dasarnya brand ambassador bertujuan untuk membuat masyarakat semakin mengenali sebuah produk atau brand yang Anda tawarkan. 

Sebuah perusahaan yang memiliki rencana promosi yang besar akan bekerja sama dengan seseorang atau kelompok tertentu.

Untuk membantu dalam hal  mempromosikan produk, dan orang-orang inilah disebut dengan Brand Ambassador. 

Jika perusahaan memilih Brand Ambassador tersebut, mereka akan mempromosikan brand Anda secara terus-menerus sesuai waktu yang telah disepakati dan ditentukan.

Secara keseluruhan, mereka harus setuju sesuai kontrak dan memilih brand kamu, baik secara offline seperti seminar dan pameran atau online melalui media sosial. 

Karena hal tersebut, ketika muncul di media sosial, acara, pertunjukkan, atau lainnya, mereka harus selalu memilih brand kamu daripada brand kompetitor

Seorang Brand Ambassador merupakan  seseorang yang tersohor  seperti publik figur, aktor, model, atau musisi dengan follower atau pengikut media sosial puluhan ribu sampai puluhan juta.

Pada umumnya, seorang Brand Ambassador adalah seorang influencer atau seseorang yang dikenal oleh banyak orang dan dibayar untuk meng-endorse suatu produk. 

Jenis Brand Ambassador

Walaupun telah disebutkan bahwa brand ambassador adalah orang-orang dari kalangan yang berpengaruh, namun  ternyata brand ambassador dapat dikategorikan dalam beberapa jenis, yaitu: 

1. Influencer Brand Ambassador 

Seperti namanya, melalui program ini kamu akan bekerja bersama dengan seseorang yang memiliki pengaruh besar di masyarakat atau biasa juga disebut dengan influencer, yang akan menjadi brand ambassador perusahaan Anda.

Saat melakukan kolaborasi, influencer  akan mengunggah konten bersponsor secara konsisten selama periode tertentu sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

Imbalan bagi influence yaitu  memperoleh pendapatan atau fee serta mendapatkan  produk gratis yang ditujukan untuk keperluan promosi. 

Suara mereka mampu didengar oleh masyarakat.Dikarenakan pengaruhnya yang luas menjadikan sebuah  bentuk kerjasama perusahaan dengan brand ambassador ini terbilang ketat. 

Perusahaan mempekerjakan mereka secara profesional dengan transaksi yang transparan dan berekspektasi besar. 

Dalam melakukan tugasnya, mereka akan diarahkan langsung oleh tim Customer Relationship Management (CRM) perusahaan. 

Tim yang  akan merencanakan program, menyiapkan segala keperluan Brand Ambassador, dan mengelola program duta brand  agar berjalan sesuai tujuan perusahaan. 

Beberapa jenis yang termasuk dalam  brand ambassador tipe ini seperti selebritis, Youtuber, dan Blogger.

2. Affiliate Brand Ambassador 

Brand ambassador yang kedua ini menggunakan affiliate marketing atau pemasaran afiliasi dan kedua belah pihak baik perusahaan maupun brand ambassador yang akan mendapatkan manfaat dari kolaborasi ini. 

Saat melakukan kolaborasi ini, perusahaan akan menjalin kerjasama dengan orang yang sesuai ,biasanya blogger atau influencer untuk mempromosikan suatu produk atau layanan tertentu.

Brand ambassador dapat memasarkan perusahaan dengan cara membagikan tautan di situs website atau media sosial mereka. 

Untuk honornya ,affiliate marketer atau pemasar afiliasi akan menerima komisi setiap kali seseorang berhasil melakukan pembelian melalui tautan tersebut.

Penjualan yang dilakukan oleh brand ambassador dapat dilacak melalui tautan afiliasi. Dan transaksi yang transparan dan berekspektasi besar. 

Program ini merupakan metode terbaik untuk meningkatkan penjualan karena perusahaan hanya  membayar afiliasi  saat para brand ambassador berhasil melakukan penjualan melalui link yang mereka bagikan.

3. Informal Brand Ambassador 

Informal brand ambassador adalah siapa saja yang menyukai produk atau layanan perusahaanmu. 

Kebanyakan dari mereka berawal dari penggemar fanatik suatu brand  tertentu yang secara sadar dan bebas mempromosikan produk dari brand itu kepada orang lain. 

Tipe brand ambassador ini merupakan suatu bentuk dari kepuasaan pelanggan terhadap layanan atau produk perusahaan.

Dalam program ini tidak ada perjanjian formal yang diberlakukan dan biasanya tidak ada pembayaran yang diberikan kepada brand ambassador tersebut untuk melakukan promosi. 

Meskipun tidak dibayar, informal brand ambassador dengan senang hati membagikan cerita mengenai produk atau layanan perusahaanmu.

Karena mereka adalah pelanggan setia yang antusias dengan produk atau layanan yang diciptakan oleh perusahaanmu.

Perlahan, bila pengaruh mereka cukup besar bagi brand, mereka bisa menjadi bagian dari micro-influencer. 

4. College Brand Ambassador

College brand ambassador adalah siswa yang mempromosikan produk dan layanan perusahaan kepada sesama siswa. 

Mereka dapat mensponsori suatu brand di dalam atau di luar kampus dengan membagikan suvenir gratis, memasang poster perusahaan, menyelenggarakan acara promosi, atau mengunggah konten di media sosial dengan memberi tagar perusahaan.

College brand ambassador sangat sesuai untuk brand yang memiliki target demografis siswa di universitas yang kebanyakan berusia antara 18-25 tahun. 

Manfaat Brand Ambassador Bagi Perusahaan

Tentu saja memiliki seorang brand ambassador sebagai wakil dari sebuah brand sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian seseorang.

Selain menjadi penentu keputusan pembelian seseorang terhadap brand produk perusahaan Anda, manfaat brand ambassador antara lain menjadi berikut:

1. Menjaga Reputasi

Reputasi sebuah brand bisa saja naik turun, tergantung situasi dan kondisi apa yang sedang terjadi. contohnya terdapat media yg memberitakan hal kurang baik tentang brand Anda, reputasi perusahaan Anda  akan jatuh.

tetapi, brand ambassador bisa sebagai seorang yg mengangkat reputasi itu kembali. Brand ambassador mempunyai pengikut yang percaya kepada mereka.

2. Mendekatkan Brand Pada Customer

Mendekatkan brand pada customer bukanlah hal yang praktis.Dikutip dari Keyhole, 63% orang lebih percaya pada apa yang disampaikan oleh influencer atau brand ambassador daripada apa yg dikatakan oleh brand itu sendiri.

Disinilah kiprah besar seorang brand ambassador. Mereka wajib mampu menjadi jembatan antara brand dengan masyarakat.

3. Menyampaikan Review Baik

Manfaat brand ambassador ketiga artinya memberikan review yang baik. Setiap orang mampu saja memberi ulasan di media umum. tetapi, ulasan buruk tentu saja tak bisa dihindari.

Meski demikian, seseorang brand ambassador harus permanen memberikan review yg baik serta jujur kepada pengikutnya.

Sebab Brand Ambassador membawa nama baik perusahaan yang mempekerjakannya. dan suaranya berpengaruh pada masyarakat luas.

4. Menaikkan Citra Brand

Seorang Brand Ambassador wajib mampu membangun citra brand yang baik. Seperti yg sudah disampaikan di atas, brand ambassador merupakan wajah sebuah brand.

Bila gambaran yang diwakili oleh seorang brand ambassador tadi baik, tentunya akan mensugesti warga untuk mengambil keputusan pembelian. serta akan berdampak akbar pada omzet perusahaan juga.

5. Menyegarkan Ingatan Konsumen

Banyaknya produk sejenis bahkan diberi brand yg mirip menghasilkan konsumen simpel kacau pada mengingat produk Anda.

Terlebih lagi bila Anda hanya membisu saja membiarkan produk lain menguasai ingatan konsumen.

Produsen sebaiknya segera mengunggah serta menyegarkan kembali ingatan konsumen supaya selalu setia di brand perusahaan Anda.

Cara yg relatif efektif adalah dengan menggunakan brand ambassador yg akan membuat konsumen mengingat kembali produk Anda.

Brand ambassador akan mengingatkan konsumen di tagline brand Anda. dengan begitu konsumen lebih mudah dalam mengingat dan membedakan produk Anda dengan brand lainnya meskipun terlihat mirip.

Tugas dan Tanggung Jawab Brand Ambassador

1. Melakukan Promosi Melalui Media Sosial Pribadi

Hal ini artinya tugas asal Brand Ambassador yang paling tak jarang Anda temui. Anda mungkin bisa melihat mereka memberikan bermacam konten di media sosial, mulai berasal foto promosi, ulasan produk, bahkan video spesifik mengenai brand yang mereka iklankan.

Brand Ambassador bisa dikontrak pada waktu yg relatif usang dengan berbagai bentuk kampanye dan promosi.

2. Menyelaraskan Visi, Misi, dan Tujuan Pemasaran dengan Ciri-Ciri Brand

Sebelum melakukan banyak sekali aktivitas promosi , seorang brand ambassador harus bisa menyesuaikan gambaran dirinya menggunakan visi-misi dari perusahaan atau brand.

Saat kontrak kerja sama sudah disetujui, seseorang brand ambassador harus mengetahui kegiatan apa saja yg boleh serta tidak boleh dilakukan. sehingga, bisa mencegah risiko buruk yg berdampak kepada brand tersebut.

Contohnya, seseorang brand ambassador dari produk kesehatan, dirinya wajib mampu menampilkan gaya hidup sehat setiap hari.

Walaupun secara eksklusif beliau mempunyai norma yg kurang sehat seperti merokok. Maka brand ambassador tadi tak boleh terlihat oleh  publik waktu merokok atau melakukan kegiatan yg tidak sehat lainnya.

3. Bekerja sama dengan Tim Marketing untuk Membuat Kampanye Pemasaran

Hadirnya brand ambassador dalam sebuah brand mempunyai berbagai manfaat. Namun, tugas seorang brand ambassador bukan hanya sekedar melakukan promosi.

Umumnya mereka pula terlibat pada aneka macam kegiatan marketing mirip membentuk konsep kampanye dan seni manajemen pemasaran.

Walaupun tidak bekerja secara pribadi, tapi nantinya terdapat diskusi dengan tim marketing tentang konten serta gambaran seperti apa yang akan ditunjukkan oleh brand ambassador kepada publik. 

Misalnya, menghadirkan konten berupa cerita inspiratif dari brand ambassador.

4. Menyampaikan Tanggapan Serta Wawasan Perihal Produk/Layanan Baru dari Brand

seorang brand ambassador harus bisa berinteraksi dengan pelanggan baik secara pribadi ataupun pada media sosial.

Interaksi ini tentu sangat berpengaruh terhadap reputasi dari brand itu sendiri. sebagai akibat wajibnya mempunyai pemahaman yg baik mengenai brand yang dia promosikan.

Misalnya, pada waktu pelanggan atau publik bertanya tentang produk terbaru berasal brand tersebut.

Dengan memiliki pemahaman yg baik, oleh brand ambassador akan praktis mengungkapkan keunggulan produk tadi.

5. Mempertahankan Gambaran Positif dari Brand

Hal ini umumnya artinya tanggung jawab utama seorang brand ambassador. Mereka harus bisa membuktikan gambaran yang baik di setiap aktivitasnya.

Dengan melakukan hal tersebut, customer akan semakin percaya terhadap dirinya dan akan berdampak baik kepada citra dari brand yang bekerja sama dengannya.

Penutup

Setelah paparan diatas Anda bisa lebih memahami apa itu Brand Ambassador, Jenis, Manfaat, serta Tugas dan Tanggung Jawab Brand Ambassador.

Bila Anda memerlukan bantuan terkait topik Brand Ambassador seperti bagaimana cara menentukan Brand Ambassador yang tepat dan lain sebagainya. Sasana Digital siap melayani.


Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mendorong performa bisnis yang masih saja stagnan, Anda bisa menggunakan layanan kami, Audit & Consulting Digital Marketing.

Sasana Digital akan mengidentifikasi, mengukur, serta mencari peluang & ancaman yang akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda kedepannya. Yuk, manfaatkan dulu layanan Free Consulting kami di sini!

sasana digital logo karier

Perusahaan penyedia Solusi Digital & Teknologi untuk kebutuhan bisnis Anda. Selengkapnya…

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Hubungi Sekarang !
Sasana Digital
Selamat datang di Sasana Digital!

Ada yang bisa kami bantu? Jika ada, silahkan klik tombol berikut ya! 😊