fbpx
5 Tools Google Wajib Untuk Menunjang Strategi Digital Marketing Perusahaan

5 Tools Google Wajib Untuk Menunjang Strategi Digital Marketing Perusahaan

Dunia pemasaran memang tidak mudah ditaklukan, jadi pastikan anda memiliki data yang solid! Berikut 5 tools yang bisa anda manfaatkan untuk menunjang strategi digital marketing anda.

Dunia digital marketing adalah dunia yang sangat kompetitif dan dinamis. Strategi yang anda gunakan hari ini, bisa saja tidak efektif lagi di esok hari. Kreativitas dan analisa data sangat memainkan peran ketika kita membahas tentang dunia digital marketing.

Dan tentu saja, data yang definitif dan akurat merupakan salah satu kelebihan utama dari penggunaan strategi digital marketing perusahaan. Sebenarnya ada banyak alat yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan data bernilai tinggi, untuk membantu dalam pengambilan keputusan perusahaan.

Data Adalah yang Utama di dalam Kompetisi

Dengan data yang akurat, anda sudah selangkah lebih dekat ke kemenangan anda dari kompetisi marketing bersama dengan kompetitor. Data ini bisa anda dapatkan baik dari kampanye yang sudah anda jalankan, maupun dari sumber pihak ketiga.

Namun perlu diingat juga, bahwa data yang anda dapatkan dari sumber internal belum tentu sudah teroptimasi dengan baik. Bisa jadi karena keterbatasan alat dan pengetahuan yang anda miliki, anda masih kekurangan data penting yang anda butuhkan. Berikut beberapa tools yang disediakan oleh Google yang bisa membantu anda dalam mendapatkan data penting.

Google Analytics

Jika anda menggunakan website dalam strategi digital marketing anda, maka anda wajib menggunakan platform analytics besutan Google ini. Google Analytics mampu membaca kebiasaan user yang berada di situs anda, mulai dari sumber, lama waktu, rasio bounce, sampai perjalanan user tersebut di dalam website.

Baca Juga: Bagaimana Menentukan KPI Digital Marketing dengan Konsep SMART

Anda juga bisa melakukan kustominasi data dan integrasi dengan tools Google lainnya (akan dijelaskan di bawah) untuk meningkatkan kelengkapan dan akurasi data yang anda dapatkan.

Google Data Studio

Google Data Studio berguna untuk mengubah data anda menjadi visual yang atraktif. Jika dikombinasikan dengan Google Analytics, maka Data Studio bisa menjadi alat yang sangat luar biasa untuk mendapatkan informasi data. Sebab data di Google Analytics tidak mudah dibaca oleh orang selain digital marketer. Bahkan tidak semua digital marketer dapat membaca data Google Analytics dengan baik.

Namun berkat adanya Google Data Studio, maka semua orang bisa membaca data Google Analytics dengan mudah dan dengan tampilan lebih atraktif. Selain itu, laporan di Google Data Studio juga bisa diunduh menjadi file PDF, sehingga bisa anda akses dan modifikasi sendiri secara offline.

Terakhir bila anda cukup mahir dalam menggunakan API dan programming, maka anda bisa memanfaatkan Google Data Studio lebih maksimal lagi dan membuat sistem data sendiri, diluar dari ekosistem Google.

Google Trends

Google Trends merupakan tool dari Google yang bermanfaat untuk mencari tahu trend pencarian dari para pengguna. Alat ini bisa anda gunakan untuk menemukan apa yang dibicarakan oleh pasar, dan kemudian membuat strategi sesuai dengan hasil penemuan tersebut.

Baca Juga: Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Memasang Facebook Ads?

Anda juga bisa mengeset pemberitahuan by email, apabila anda ingin memantau perkembangan dari topik tertentu.

Google Search Console

Masih berhubungan dengan Google Analytics dan Data Studio, bedanya Google Search Console lebih berfokus untuk mengoptimalkan strategi SEO anda. Tool ini bisa membantu anda untuk memantau berapa kali website anda tampil di hasil pencarian, berikut dengan kueri pencarian yang digunakan.

Search Console bisa dihubungkan dengan Google Analytics (untuk mendapatkan laporan yang lebih lengkap) dan Google Data Studio (untuk kebutuhan visualisasi). Anda bisa mendapatkan berbagai informasi data baik teknis website maupun perkembangan strategi konten anda di hasil pencarian Google.

Google Tag Manager

Selanjutnya adalah Google Tag Manager, yang bisa anda gunakan untuk memasang berbagai macam tag. Apabila anda memanfaatkan strategi digital ads dan SEM, maka anda wajib menggunakan tool ini untuk mengoptimasi hasil yang anda dapatkan.

Ditambah lagi, dengan bantuan Tag Manager anda sudah tidak perlu lagi menggunakan coding manual untuk memasang tag yang diperlukan. Anda juga bisa mengorganisir semua tag dalam satu tempat, dan tidak perlu bingung begitu harus ganti website.

Dengan Data yang Solid, Anda Selangkah Lebih Maju

Data yang solid bisa membantu anda mengambil keputusan yang akurat. Jangan lupa untuk selalu mengimprovisasi dan mengolah kembali data yang sudah anda dapatkan, sebab data secara garis besar masih belum cukup untuk menemukan peluang yang paling tepat.

Bingung menentukan strategi digital marketing? Kunjungi halaman jasa konsultasi digital marketing kami untuk mendapatkan solusi digital marketing yang lengkap dan solutif.

Pastikan juga anda telah membandingkan data baru dengan yang lama, untuk memastikan bahwa strategi anda memberikan perkembangan yang sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Comments are closed.