fbpx
5 Tips Memilih Kursus Digital Marketing Untuk Pemula dan Amatir

5 Tips Memilih Kursus Digital Marketing Untuk Pemula dan Amatir

Mengingat tidak ada lembaga akreditasi dari kursus digital marketing, maka penting bagi anda untuk memahami bagaimana cara memilih kelas yang bermanfaat bagi anda. Temukan tipsnya di sini.

Digital marketing memang sudah terbukti efektif di beberapa tahun terakhir ini untuk meningkatkan performa perusahaan. Selain karena biaya yang terjangkau, performa digital marketing juga sangat terukur karena adanya pencatatan. Mulai dari jumlah tayangan, jangkauan, sampai berapa banyak konversi yang didapatkan.

Tapi pertanyaannya, apakah ada jalan untuk mempelajari digital marketing? Mengingat hal ini tidak pernah diajarkan di sekolah maupun kuliah. Jawabannya, jelas bisa. Ada banyak sekali vendor penyedia kelas digital marketing yang berkualitas baik di Sasana Digital sendiri, maupun di luaran sana, termasuk dari Google dan Facebook juga menyediakan kelas yang bisa anda akses dalam bahasa Inggris.

Namun apakah semua kelas memiliki kualitas yang terjamin? Apalagi ada beberapa vendor yang mematok harga kelas yang sangat tinggi. Bagaimana cara mencari tahu kualitas kelas tersebut baik atau tidak?

Pastikan Memiliki Studi Kasus

Membahas digital marketing tanpa studi kasus ya sama saja bohong. Digital marketing tentu tidak jauh dari kata marketing itu sendiri, dimana teori terkadang bisa berbeda dengan prakteknya.

Karena itu studi kasus di dalam kelas sifatnya adalah wajib. Kelas boleh saja mengajarkan ribuan teori, namun kelas tersebut juga harus bisa membuktikan apakah teori itu bisa diaplikasikan pada kenyataan atau tidak. Juga, kelas harus bisa menunjukkan bagaimana hasil dari teori tersebut di kasus yang berbeda.

Tanyakan Sampai Level Mana

Ada kelas yang dibandrol harga ratusan ribu, ada juga yang sampai puluhan juta. Untuk kelas yang murah, tentu anda juga sudah bisa memperkirakan sampai level mana kelas tersebut diadakan (tentunya tidak akan jauh dari level pemula). Tapi bagaimana dengan kelas yang mahal?

Di sinilah anda harus menanyakan sampai level mana pelajaran akan diberikan. Jangan sampai anda sudah bayar mahal, tapi materi yang diberikan ternyata hanya hasil reproduksi dari materi yang ada di YouTube. Jelas ini tidak akan memberikan nilai tambah apapun kepada anda.

Ketahui Channel Apa yang Dibahas

Jangan sampai anda memilih kelas digital ads, padahal anda mau mempelajari SEO (hanya karena dua-duanya ada tulisan “Google”-nya). Sebelum anda menentukan mau mengikuti kursus digital marketing, maka anda harus paham terlebih dahulu jenis-jenis channel digital marketing yang ada.

Baca Juga: 5 Skill Yang Wajib Anda Pelajari di Kelas Digital Marketing

Sudah jelas apa konsekuensi yang anda dapatkan jika salah memilih kelas. Karena itu, pastikan anda tahu channel yang akan dibahas di dalam kelas, dengan cara melihat silabus materinya terlebih dahulu.

Cari Tahu Apakah Termasuk Evaluasi dan Optimasinya? Atau Hanya Tutorial

Kursus yang hanya dipenuhi tutorial tentu tidak akan cukup. Tutorial teknis memang penting, tapi tentu anda harus tahu bagaimana cara mengevaluasi dan melakukan optimasi berikutnya.

Baca Juga: 5 Strategi Digital Terbaik Untuk Mendongkrak Performa Bisnis Anda

Percuma saja anda diajari bagaimana memasang ads yang baik, tanpa mengetahui bagaimana cara memutuskan apakah ads tersebut baik atau tidak beserta cara mengoptimasinya. Sebenarnya ini masih berhubungan dengan poin pertama tadi, dimana dengan studi kasus maka anda bisa mengetahui bagaimana evaluasi dan optimasi dilakukan.

Anda juga harus memastikan apakah alat yang digunakan untuk optimasi akan diajarkan di kelas yang berbeda atau langsung jadi satu. Mengingat beberapa strategi digital marketing bisa dievaluasi dengan alat dari pihak ketiga (seperti SEMRush dan Supermetrics).

Cek Latar Belakang Mentornya

Terakhir tapi tak kalah penting, ketahui siapa mentornya. Ada banyak orang yang mengaku bahwa mereka jago mengeksekusi digital marketing dan mau mengajarkannya kepada anda, tapi ternyata isinya bohong belaka.

Jadi anda perlu tahu siapa yang akan mengajar anda di kelas nanti, apa yang ia kerjakan, bagaimana strategi andalannya, dan sampai skala apa strategi yang ia tangani. Ingat bahwa orang buta tidak mungkin menuntun orang buta.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Google Marketing Platform, Untuk Efektivitas Digital Marketing Anda

Sudah Siap Belajar Digital Marketing?

Dengan 5 tips di atas, anda harusnya sudah bisa mendapatkan bayangan kelas yang akan anda ikuti di masa mendatang. Jika anda masih ragu, anda bisa berkonsultasi dengan kami di halaman konsultan bisnis dan digital marketing bandung. Temukan berbagai solusi digital marketing di sana, dan jadi bisnis yang siap terhadap perubahan dan transformasi digital.

Comments are closed.