fbpx

5 Tips Foto Produk Terbaik menggunakan Kamera

Membedakan foto produk yang baik dan buruk merupakan hal yang mudah. Namun, bagaimana cara mengambil foto yang sempurna, yang akan membuat online shop Anda semakin dikenal, serta meningkatkan lead dan penjualan? Lanjutkan membaca untuk menemukan tips terbaik dari fotografer profesional untuk mengambil foto produk yang berdampak besar bagi online shop Anda.

Berikut Tips dan trik untuk mengambil foto produk yang sempurna

 

  1. Gunakan mini studio

Mini studio sangat cocok untuk fotografi produk online shop. Selain mudah digunakan, mini studio tidak membutuhkan banyak ruang, sehingga dapat disimpan dengan mudah. Mini studio paling cocok digunakan untuk memotret produk-produk berukuran kecil dan biasanya dilengkapi dengan lampu LED serta beberapa pilihan latar belakang yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan branding. Anda dapat dengan mudah membeli mini studio secara online, dengan rentang harga Rp150.000–Rp300.000. Mini studio merupakan investasi yang baik untuk online shop Anda karena akan selalu dibutuhkan untuk mengambil foto inventaris produk Anda.

  1. Manfaatkan cahaya alami atau dari lingkungan sekitar

Cahaya alami atau matahari merupakan pilihan yang tepat untuk fotografi produk karena sifat cahayanya yang lembut dan lebih tersebar. Misalnya, Anda dapat menggunakan cahaya dari jendela rumah. Untuk memberikan lebih banyak cahaya pada produk, Anda sebaiknya menggunakan sebuah pemantul untuk memantulkan cahaya kembali ke permukaan produk yang kurang terang. Gunakan tripod untuk mendapatkan hasil terbaik. Tripod juga merupakan investasi jangka panjang yang diperlukan untuk online shop Anda agar mendapatkan foto produk yang sempurna dan profesional.

3. Teknik Fotografi Flat Lay

Teknik fotografi flat lay belakangan ini semakin populer dalam fotografi produk. Selain mudah persiapannya, teknik ini menarik karena mendorong kreativitas Anda dalam membangun identitas visual online shop. Salah satu aspek penting dalam melakukan fotografi produk menggunakan teknik flat lay adalah cara Anda menyusun produk agar terlihat semakin menarik di online shop Jadi, selalu perhatikan hal-hal berikut:

  • Pertama, gunakan latar belakang dengan warna yang kontras dengan produk Anda untuk membuatnya terlihat lebih menonjol.
  • Kedua, gunakan aksesori dan benda-benda pelengkap yang relevan dengan produk.
  • Ketiga, manfaatkan cahaya alami dari lingkungan.
  • Keempat, pastikan bahwa komposisi fotografi produk menonjolkan produk utama. Pastikan juga agar benda-benda pelengkap tidak bertumpang tindih atau terlalu dominan sehingga membuat foto terlihat penuh.
  1. Kamera DLSR vs smartphone

Untuk pengguna kamera DSLR, Anda sebaiknya menggunakan pengaturan RAW dalam menu penyimpanan gambar untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik serta mempermudah proses penyuntingan. Selain itu, jika Anda bisa menggunakan mode manual, gunakan mode ini karena Anda dapat mengendalikan hasil akhir fotografi produk dengan lebih baik. Coba gunakan angka fokus (F) atau diafragma yang lebih besar untuk mengaburkan latar belakang foto dan membuat produk Anda terlihat lebih fokus di latar depan. Jika Anda menggunakan kamera smartphone, ambillah foto produk di tempat yang terang di pagi atau sore hari untuk mendapatkan cahaya matahari yang lebih lembut.

  1. Fotografi produk pakaian

Untuk memotret pakaian untuk online shop, Anda dapat menggunakan cahaya alami maupun cahaya buatan.

  • Cahaya alamiSaat menggunakan teknik ini, Anda dapat menggunakan cahaya dari jendela. Tambahkan sebuah pemantul dari sisi yang berlawanan dengan cahaya untuk memantulkan dan menyebarkan cahaya secara lebih merata di produk Anda. Jika menggunakan jasa seorang model, Anda dapat mengambil fotonya di luar ruangan di pagi atau sore hari.
  • Fotografi di studioJika Anda ingin mengambil foto produk di dalam studio menggunakan peralatan pencahayaan profesional, pastikan Anda memahami pengetahuan dasar mengenai fotografi dan pencahayaan karena fotografi menggunakan peralatan pencahayaan professional lebih rumit dibandingkan dengan cahaya alami. Anda sebaiknya menggunakan mode manual dengan ISO 100, kecepatan shutter 1/125, dan f10. Untuk menyesuaikan intensitas cahaya pada produk, Anda dapat bereksperimen dengan saklar-saklar pada peralatan pencahayaan. Gunakan latar belakang putih serta arahkan cahaya dari sisi kiri dan kanan produk yang dipotret. Gunakan pengaturan RAW untuk menyimpan gambar. Selain itu, gunakan peralatan pencahayaan tambahan seperti payung atau soft-box pada lampu untuk melembutkan cahaya. Jika jenis produk yang dipajang di online shop Anda jarang menggunakan peralatan fotografi seperti ini, Anda dapat menyewanya dari toko-toko fotografi.

workshop sasana digital

Mengambil foto profesional yang berkualitas tinggi untuk online shop Anda membutuhkan latihan, namun pastinya dapat dilakukan jika Anda mengikuti tips-tips di atas. Siapkan pencahayaan dan pengaturan kamera Anda dengan baik dan usaha Anda akan terbayar. Selamat memotret!

Nantikan artikel terbaru dari Sasana Digital yang pasti bermanfaat untuk bisnis anda dalam bertransformasi ke dunia Digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *