fbpx
5 Teknik Legal dan Akurat Untuk Memahami Strategi Kompetitor Anda

5 Teknik Legal dan Akurat Untuk Memahami Strategi Kompetitor Anda

Berencana untuk memata-matai kompetitor? Cari tahu bagaimana teknik mata-mata kompetitor yang legal di sini! Dijamin ampuh

Dalam menjalankan strategi pengembangan perusahaan, melakukan riset terhadap strategi existing kompetitor memang sudah hal yang wajib. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa strategi kompetitor tidak bertabrakan dengan strategi kampanye Anda.

Bayangkan saja kalau Anda berencana mengeksekusi strategi diskon 30% dan ternyata kompetitor Anda sedang mengadakan diskon 50%, maka strategi Anda tadi tidak akan berguna.

Nah sayangnya memata-matai kompetitor bukanlah hal yang mudah. Anda tidak mungkin meletakkan pekerja Anda sebagai mata-mata di perusahaan kompetitor bukan? Atau datang ke kantor mereka lalu masuk-masuk ke ruangan marketing juga tidaklah mungkin. Bagaimana cara legal dan tepat untuk memantau kompetitor secara diam-diam?

Facebook Ad Library

Jika Anda berencana menggunakan Facebook dan Instagram Ads dalam strategi pemasaran berikutnya, maka Anda bisa menggunakan Facebook Ads Library untuk mengetahui jenis iklan yang digunakan oleh kompetitor saat ini.

Facebook Ad Library sendiri merupakan tool resmi dan gratis dari Facebook yang memang digunakan untuk melihat daftar iklan yang sedang dijalankan oleh akun-akun terdaftar. Fungsi aslinya adalah untuk memberikan informasi dunia iklan Facebook secara transparan pada masyarakat luas.

Anda bisa memasukan username dari akun kompetitor Anda dan semua iklan yang mereka jalankan akan langsung terlihat. Mulai dari penempatan, creatives, caption, sampai jenis CTA yang digunakan.

Perlu diketahui bahwa Facebook Ad Library hanya bisa mengecek iklan yang sedang aktif. Anda tidak bisa melihat iklan yang sudah dimatikan atau iklan yang akan dijadwalkan. Sehingga disarankan untuk mengecek secara berkala.

Baca juga: 5 Kursus Digital Marketing Gratis yang Bisa Anda Pelajari Untuk Pemula

Cek Ranking SEO Mereka

SEO merupakan salah satu strategi organik yang mengandalkan mesin pencari sebagai sumber utamanya. Dan karena bisa diakses oleh semua orang, maka Anda pun bisa memantau bagaimana posisi website kompetitor terhadap keyword yang akan Anda bidik secara legal.

Anda bisa menggunakan tools pihak ketiga seperti SEMRush, WhatsMySERP, atau sejenisnya. Semua tools itu akan membantu Anda untuk memantau posisi domain website kompetitor secara berkala, tanpa memberi tahu mereka alias diam-diam. Dan tentu saja, setelah itu Anda bisa mengeksekusi strategi SEO pamungkas Anda setelah memahami apa yang dilakukan oleh kompetitor.

Namun terkadang hasil pencarian dari satu perangkat dengan perangkat lain bisa berbeda karena adanya personalized result dari Google.

Follow Sosial Medianya dan Pantau Kontennya

Sosial media juga merupakan ruang publik yang bisa diakses oleh banyak orang, dan karena itu sosial media menjadi salah satu channel strategi pemasaran yang sangat efektif.

Anda bisa mengikuti akun yang dikelola oleh kompetitor lalu menganalisa kegiatan yang mereka lakukan setiap harinya. Mulai dari konten, hashtag, atau influencer yang mereka pilih untuk mendapatkan jangkauan.

Setelah Anda mengetahuinya, Anda bisa melakukan strategi komplementer yaitu dengan melengkapi kekurangan yang ada dari akun kompetitor Anda. Ini adalah strategi yang paling umum, dan biasanya akan saling berbalas-balasan di kemudian hari.

Cek Sumber Backlink Mereka

Masih berhubungan dengan strategi SEO, Anda juga bisa menemukan daftar tempat backlink (link referensi) ditanam dengan bantuan tools pihak ketiga seperti ahrefs atau SEMRush. Dengan begitu, Anda bisa tahu bagaimana profil backlink yang ditanamkan oleh kompetitor Anda.

Selanjutnya tentu saja Anda bisa ikut menanamkan di lokasi yang sama. Ingat Anda tidak harus terpaku pada kompetitor saja, namun bisa juga menganalisa website lain yang tidak ada hubungannya dengan bisnis Anda untuk mendapatkan informasi backlink yang lebih luas.

Baca juga: Berbagai Kemudahan Bisnis di Era Digital, Mulai Dari Funnel Marketing Hingga Integrasi

Cek Sumber Traffic Melalui SimilarWeb

SimilarWeb merupakan tool digital marketing yang berguna untuk mengintip profil pengunjung dari website yang ada di dunia internet.

Informasinya memang hanya bersifat gambaran umum, namun Anda bisa mendapatkan informasi yang cukup tentang sumber traffic yang dimiliki oleh kompetitor Anda. 

Namun SimilarWeb hanya bisa menganalisa jika website yang ingin Anda ‘intip’ sudah terdaftar di database mereka dan sudah mendapatkan data yang cukup. Jika kompetitor Anda masih belum memiliki jumlah pengunjung yang memadai, maka Anda tidak bisa melakukan strategi ini.

Pantau dan Menangkan Kompetisi Bisnis Anda

Gunakan strategi-strategi di atas untuk mendapatkan pemahaman komprehensif tentang kompetitor Anda. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan atau menyesuaikan strategi yang lebih matang dan lebih membawakan dampak pada pelanggan, sehingga membuat mereka berpaling pada Anda.

Strategi di atas termasuk dalam strategi digital marketing bagian competitive research. Anda bisa mempelajarinya lebih jauh di dalam training digital marketing yang kami sediakan.

Comments are closed.