fbpx
5 Strategi Digital Terbaik Untuk Mendongkrak Performa Bisnis Anda

5 Strategi Digital Marketing Terbaik Untuk Mendongkrak Performa Bisnis Anda

Apa saja strategi digital marketing yang mungkin efektif bagi bisnis anda? Berikut 5 saran strategi yang bisa anda gunakan!

Dunia digital marketing selalu menarik untuk dibahas. Tentu saja, sebab dengan digital marketing anda bisa memasarkan produk anda dengan lebih cepat, mudah, dan murah dibandingkan dengan cara biasa.

Dan dengan adanya digital marketing pula, banyak startup baru yang memiliki jalan untuk bisa berkembang dan melawan hegemoni perusahaan besar/konglomerasi. Hal ini karena digital marketing tidak hanya masalah budget dan budget saja, tapi juga jenis kanal dan ragam strateginya yang sangat banyak. 

Digital Marketing Sebagai Kanal Baru

Beberapa kelebihan digital marketing yang menarik adalah: penayangan iklan yang terukur, budget yang terkontrol, dan transparansi data. Banyak perusahaan yang mengadopsi strategi digital marketing untuk memperluas jangkauan pemasaran mereka, karena kelebihan-kelebihan tersebut.

Sekarang apa saja jenis strategi yang ada? Anda bisa menggunakan 5 jenis metode digital marketing terbaik untuk bisnis yang kami kemas khusus untuk anda:

SEO

SEO atau Search Engine Optimization sudah beberapa kali kami bahas di berbagai artikel, seperti SEO untuk e-commerce dan toko online dan SEO vs SEM.

Secara sederhana, SEO merupakan strategi untuk mendominasi halaman hasil pencarian dari search engine seperti Google dan Bing. Strategi SEO bisa diimplementasikan di semua platform yang melibatkan pencarian dan keywords, memastikan bahwa halaman anda menjadi nomor satu di target keyword yang anda inginkan.

SEO sekarang sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan. Beberapa kelebihannya adalah gratis dan bisa digunakan untuk jangka panjang. Hanya saja strategi SEO sangat sering berubah, bergantung pada update algoritma dari mesin pencari. Sehingga anda perlu terus mencari tips dan trik yang terbaru guna memastikan anda tetap menjalankan praktik terbaik, dan menjaga ranking anda.

Dalam dunia digital marketing, ada banyak sekali kanal yang bisa anda manfaatkan untuk beriklan. Mulai dari Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, TikTok Ads, dan ads ads lainnya.

Setiap kanal memiliki audience dan ciri khas masing-masing. Contohnya, Instagram terkenal sebagai platform untuk berbagi cerita dan ilmu, serta didominasi oleh generasi Y dan generasi Z. Jika anda ingin memasang iklan di Instagram Ads, maka anda perlu mempertimbangkan kedua ciri Instagram tersebut. Hal ini juga berlaku untuk kanal lainnya.

Baca Juga: Kekuatan dan Fungsi Lengkap Facebook Ads Bagi Bisnis Anda

Meskipun berbayar, hasil dari paid advertising nyatanya tidak kalah dengan teknik digital marketing lainnya. Salah satu kelebihan utama dari paid advertising adalah: anda bisa melakukan retargeting atau remarketing kepada audiens yang sudah anda dapatkan.

Artinya data orang-orang yang sudah berinteraksi dengan iklan anda tidak akan hilang begitu saja, dan bisa anda manfaatkan kembali untuk tujuan iklan anda yang lebih spesifik.

Email Marketing

Strategi email marketing sangat banyak diadopsi oleh berbagai perusahaan karena pendekatan personalnya. Dengan menggunakan email marketing, anda bisa membuat format pesan sesuai dengan klien yang ingin anda jangkau.

Metode ini sangat efektif jika dikombinasikan dengan software CRM (Customer Relationship Management). Sebab CRM bisa mendata status klien-klien anda, lalu anda bisa mengirimkan email promosi berdasarkan status mereka.

Temukan solusi konsultasi lengkap di halaman jasa konsultasi digital marketing kami

Misalnya, anda bisa mengirimkan format email berbeda kepada klien yang baru meminta inkuiri dengan klien yang sudah melakukan transaksi.

Jika dieksekusi dengan baik, bukan tidak mungkin Email marketing bisa menghasilkan jumlah closing yang fantastis

Brand Collaboration

Brand collaboration merupakan strategi digital marketing ketika anda berkolaborasi dengan brand lain untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kepercayaan dari bisnis anda.

Banyak perusahaan yang saling berkolaborasi satu sama lain, seperti contohnya platform berbagi cerita IDN Times dengan perusahaan telekomunikasi By.U Indonesia. Kerja sama ini dilakukan untuk saling memperkuat brand positioning sekaligus pengenalan brand kepada masing-masing audience secara cepat dan aman.

Dan jika anda berhasil berkolaborasi dengan brand besar, maka bukan tidak mungkin kalau reputasi bisnis anda akan ikut naik. Sebab tidak semua perusahaan bisa berkolaborasi dengan brand nasional/internasional.

Content Marketing

Strategi pemasaran dengan konten, baik video, gambar, artikel, podcast, dan sebagainya terbukti cukup ampuh untuk mendapatkan fans dan konversi. Strategi ini bisa dibilang merupakan strategi yang digunakan oleh hampir seluruh perusahaan yang memanfaatkan channel digital marketing sebagai salah satu strategi pemasaran mereka.

Hanya saja, pembuatan konten perlu melalui proses yang cukup panjang. Mulai dari riset user persona, brand tone, brand voice, psikologi warna, sampai jenis CTA yang digunakan. Namun, semua itu akan terbayar dengan engagement yang tinggi jika anda berhasil melakukannya dengan baik.

Baca Juga: 5 Jenis Konten Populer Untuk Strategi Digital Marketing Brand Anda

Tidak jarang juga konten bisa viral dan dikenal oleh banyak orang dalam waktu singkat. Untuk bisa membuat konten yang viral, anda perlu banyak riset dan membuat konten secara konsisten. Namun, viral tidak seharusnya menjadi tujuan utama anda karena bisnis anda tidak hanya berdiri saat viral saja.

Tentukan Strategi Digital Marketing Anda Dari Sekarang!

Dari banyaknya pilihan strategi maupun teknik yang ada, anda bisa memilih beberapa strategi dan teknik tersebut sesuai dengan goal anda. Lalu anda bisa melakukannya secara konsisten setiap bulan, dengan berbagai improvisasi dari setiap temuan yang anda dapatkan selama eksekusi strategi.

Jika anda masih menemukan kesulitan, mungkin anda bisa mengikuti training digital marketing spesial dari kami. Dapatkan modul digital marketing yang lengkap dan mudah untuk pertumbuhan bisnis anda.

Comments are closed.