Blog ›

5 Jenis Konten Populer untuk Strategi Digital Marketing Anda

I
Reading Time: 3 minutes

Konten merupakan jantung utama dari strategi digital marketing, kira-kira konten seperti apa yang cocok untuk meningkatkan brand anda?

Apapun channel digital marketing yang anda pilih, baik SEO, SEM, Social Media, KOL Marketing, Email Marketing, dan sebagainya, tidak akan pernah lepas dari yang namanya konten. Karena konten lah yang akan menjembatani ide dan visi anda ke calon pelanggan potensial. Lewat konten lah mereka akan mendapatkan insight dan menjadi yakin terhadap kualitas brand anda.

Namun konten yang seperti apa yang cocok untuk strategi digital marketing anda? Apakah hanya dengan foto saja? Atau mungkin cukup sebuah video?

Yang Jelas Jangan Hanya Fokus Pada Diri Sendiri!

Audience anda senang diperhatikan. Karena itu jika konten anda hanya membahas hal-hal seputar brand dan jualan anda saja, maka mereka 100% tidak akan tertarik dan tidak akan mau datang ke website atau akun sosial media anda.

Sebab pada dasarnya memang manusia maunya diperhatikan, dan jika brand kita gagal memberikan perhatian dan hanya berorientasi pada diri sendiri maka bisa dipastikan strategi kita tidak akan berhasil.

Karena itu, berikut 5 format konten yang bisa menggugah audiens anda dan merubah mereka menjadi klien anda:

Slider Carousel

Slide carousel merupakan format konten yang menggabungkan beberapa gambar menjadi satu pos. Format ini banyak diadopsi di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan LinkedIn.

Kelebihan format carousel:

  • Bisa memuat banyak informasi sekaligus
  • Mudah dibuat
  • Tidak mengonsumsi bandwith internet, karena hanya menggunakan gambar
  • Tidak membutuhkan sumber daya yang terlalu besar

Konten dengan format ini cocok digunakan jika target audience anda merupakan generasi milenial, gen X, maupun gen Z dan gen Alpha. Tampilannya yang atraktif dan bisa dikombinasikan dengan berbagai strategi digital marketing lainnya, membuat konten carousel menjadi format yang paling sering digunakan oleh banyak brand.

LIVE Video

Sejak diperkenalkan oleh Instagram 2016 silam, konten berformat live video atau live broadcast menjadi semakin populer. Bahkan sekarang tidak hanya dimanfaatkan untuk sekadar eksis saja, Live broadcast juga bisa digunakan sebagai sarana promosi perusahaan ke target audience mereka.

Kelebihan format Live Video:

  • Kesempatan untuk berinteraksi dengan audiens
  • Bisa memperkirakan seberapa kuat brand power kita dengan mengecek jumlah penonton di dalam live
  • Tidak membutuhkan sumber daya besar

Bagi anda yang bergerak di bidang e-commerce, live video juga bisa anda jadikan ajang hot sale atau live shopping untuk mendongkrak penjualan anda. Sayangnya format live video sangat menguras data dari penonton, sehingga anda jangan terlalu lama mengulur inti dari live agar tidak kehilangan audience.

Butuh jasa konsultasi digital marketing? Kunjungi solusi jasa digital agency yang kami sediakan untuk anda!

Video Storytelling

Semua orang suka cerita, karena itu format ini juga digandrungi oleh masyarakat. Video advertorial yang memiliki kekuatan cerita bisa anda gunakan untuk sarana berpromosi, sambil tetap menjaga interaksi antara brand dengan audience anda.

Kelebihan format Storytelling:

  • Memiliki kekuatan cerita, seperti tokoh dan alur sehingga menarik perhatian
  • Ceritanya bisa dinikmati
  • Cocok untuk semua kalangan, sesuai dengan target market anda

Jika anda tertarik membuatnya, pastikan anda sudah membuat konsep yang menarik. Tokoh dan scriptwriting yang sempurna mutlak diperlukan untuk membuat video storytelling yang enak ditonton dan memancing konversi audience.

Podcast

Jika video dirasa terlalu berat, maka anda bisa menggunakan format podcast sebagai gantinya. Di sini anda cukup menampilkan suara anda saja, sehingga sumber daya yang diperlukan pun jauh lebih sedikit dibandingkan pembuatan video.

Kelebihan format Podcast:

  • Mudah dibuat
  • Tidak memerlukan banyak sumber daya
  • Mudah diakses oleh audience

Hanya saja format podcast menghilangkan aspek visual dari konten anda, sehingga anda perlu kemampuan komunikasi yang baik agar audience bisa menangkap maksud anda meski tanpa gambar.

Baca Juga: Cara Strategi Digital Marketing yang Tepat Berdasarkan Profil Perusahaan

Webinar

Terutama sejak pandemi corona yang terjadi di awal tahun 2020. Konten webinar menjadi salah satu format yang paling populer, karena baik brand maupun audience bisa saling berinteraksi secara mendalam. Di dalam webinar, anda bisa memberikan edukasi sekaligus promosi secara langsung kepada audience anda.

Kelebihan format Webinar:

  • Kesempatan untuk berinteraksi dengan audiens
  • Memberikan edukasi yang sangat mendalam tentang brand anda

Namun, sumber daya yang dibutuhkan untuk melangsungkan webinar cukup besar. Anda memerlukan perangkat dan software teleconference yang mumpuni untuk meyakinkan webinar anda berjalan lancar. Sehingga anda perlu mempertimbangkan tema secara matang, dan memastikan bahwa return yang didapatkan dari webinar bisa cukup.

Baca Juga: Mengapa Bisnis Perlu Strategi Digital Marketing

Komunikasikan Visi Anda dan Jangkau Lebih Banyak Klien Potensial

Dengan strategi dan format konten yang tepat, anda bisa menjangkau lebih banyak klien potensial yang tentunya bisa meningkatkan sales rate anda di masa mendatang. Jangan lupa untuk selalu konsisten mencurahkan visi brand anda kepada audience, sehingga mereka akan semakin mempercayai anda dan tidak ragu untuk menjadi pelanggan setia.


Melalui platform terbaru kami, Digital Lab, kini Anda dapat segera mempelajari topik seputar [*Topik] dengan lebih komprehensif!

Kursus Online ini disajikan dalam bentuk video pembelajaran, dan dapat Anda akses secara online kapanpun & dimanapun. Yuk, lihat kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Aktivitas Terbaru Sasana Digital

/