fbpx
5 Fitur WhatsApp Business Untuk Meningkatkan Pelanggan Bagi Bisnis Anda

5 Fitur WhatsApp Business Untuk Meningkatkan Pelanggan Bagi Bisnis Anda

WhatsApp sudah berubah menjadi lebih dari sekadar aplikasi chatting biasa. Kini, para pebisnis pun bisa menggunakan WhatsApp Business! Apa saja fitur canggihnya?

Mempermudah dan meningkatkan efisiensi pelayanan adalah salah satu strategi agar bisnis anda semakin berkembang dan mendapatkan banyak pelanggan baru. Transformasi digital ternyata juga memperhatikan itu! WhatsApp Business adalah salah satu contoh nyatanya.

Sebelum aplikasi chatting untuk bisnis seperti ini muncul, anda mungkin sudah pernah merasakan betapa sulitnya ketika harus membalas pesan pelanggan satu per satu. Apalagi pesan yang sebenarnya tidak perlu anda balas, seperti jenis barang/jasa anda, lokasi kantor, informasi jam kerja, dan beberapa informasi remeh lainnya.

Belum lagi kalau mereka mengirimkan pesan di luar jam kerja! Serba salah memang. Mau balas juga sulit, tapi tidak dibalas juga pelanggan bisa berpotensi kabur!

Untungnya transformasi digital bisa menyelesaikan ini! WhatsApp Business hadir untuk mempermudah komunikasi antara anda dengan pelanggan anda. Kira-kira apa saja fitur yang bisa ditawarkan?

WhatsApp Biasa vs WhatsApp Business

Anda tentu sudah tidak asing dengan aplikasi WhatsApp atau WA ini. Dulunya WA merupakan salah satu penantang BBM (BlackBerry Messenger) yang cukup diperhitungkan. Awalnya ia kalah pamor, tapi hari demi hari dan bersama dengan improvisasi yang dilakukan WA akhirnya bisa muncul sebagai pemenang.

Dan tampaknya WA tidak berhenti sampai di situ. Mereka meluncurkan aplikasi WA Business yang secara fungsi dasar chatting-nya tidak berbeda dengan aplikasi WA biasa. Ini artinya anda tidak perlu menyesuaikan diri dalam menggunakan fitur chatting-nya, dan bisa fokus untuk mempelajari fitur bisnisnya.

Fitur Bisnis yang Fungsional

WA Business dilengkapi berbagai fitur pendukung bisnis. Mulai dari greeting message (salam pembuka) sampai quick response (template balasan). Semua ini berguna untuk meningkatkan efisiensi pelayanan bisnis anda.

Dan berikut 5 fitur WA business yang bisa anda manfaatkan:

Catalogue

Dengan menggunakan fitur katalog, anda tidak perlu lagi menjawab pertanyaan pelanggan seputar barang/jasa anda secara manual. Katalog bisa diakses siapa saja yang mengunjungi profil WA business anda, dan mereka bisa membaca seluruh informasi yang ada di sana tanpa perlu bertanya lagi.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Business

Anda bisa menambahkan apapun ke dalam katalog, maksimal sebanyak 500 produk. Tentu saja jumlah tersebut sudah lebih dari cukup untuk menunjang bisnis anda. Anda bisa menambahkan nama, deskripsi, dan berikut fotonya agar pelanggan bisa memahami produk/jasa anda tanpa perlu bertanya lebih lanjut.

Droppin Lokasi

Mengirimkan alamat kepada setiap pelanggan juga bisa menjadi isu tersendiri. Apalagi bila mereka membutuhkan droppin lokasinya untuk kemudahan navigasi. Untungnya WA Business sudah memberikan fitur penambahan informasi lokasi lengkap dengan droppin, dan tentu saja ini juga bisa diakses oleh siapapun yang melihat profil anda.

Dengan begitu, pelanggan anda tidak perlu menunggu respon alamat dan bisa langsung berangkat menuju kantor anda. SUngguh sangat menghemat waktu, terutama bila anda harus menangani jumlah chat yang cukup banyak.

Informasi Jam Kerja

Satu lagi informasi remeh tapi krusial, yaitu jam buka. Informasi ini harusnya bisa diakses secara otomatis oleh pelanggan anda tanpa perlu menunggu respon layanan pelanggan. Di WA Business, anda bisa menambahkan informasi ini ke profil anda dan WA bisa menampilkan hari dan jam buka secara otomatis sesuai dengan tanggal.

Kunjungi halaman Konsultan Transformasi Digital kami untuk mendapatkan jasa konsultasi digital yang lengkap dan mudah.

Anda juga bisa menambahkan informasi jam kerja khusus sesuai perjanjian dengan memilih “By Appointment”, sehingga pelanggan tidak perlu bertanya lagi dan bisa segera membuat janji temu. Dan uniknya lagi, informasi jam kerja ini bisa anda integrasikan dengan greeting message WA Business yang merespon setiap chat di luar jam kerja secara otomatis.

Anda bisa memanfaatkan ini untuk memberikan informasi bahwa kantor anda sedang tidak beroperasi, sehingga pelanggan tidak merasa dibiarkan. Anda juga bisa memberikan link form agar anda bisa tahu terlebih dahulu apa kebutuhan pelanggan sebelum jam operasional dimulai nanti.

Quick Reply

Mengetik pesan berulang-ulang seperti form order atau informasi biaya layanan bisa menurunkan efektivitas kinerja anda. Memang bisa diatasi dengan mempersiapkan template lalu di-copy paste ke setiap pesan, namun tentu saja ini kurang efektif dan rawan salah kirim (mengingat anda harus gonta ganti aplikasi).

Untungnya WA business sudah dilengkapi fitur ini. Anda bisa menambahkannya di menu quick reply yang ada di menu pengaturan akun. Lalu anda bisa mengisikan template pesan yang sesuai dengan keyword yang anda masukkan. Sangat menghemat waktu.

Contact Labelling

Fitur ini dulunya hanya terbatas dimiliki oleh software CRM (Customer Relationship Management), namun kini WA pun juga memiliki fitur yang sama.

Dengan menggunakan contact labelling, anda bisa menandai setiap pelanggan sesuai dengan status mereka. Misalnya pelanggan yang masih bertanya, sudah pesan tapi belum bayar, sudah membayar, dan sudah dikirim.

Labelling yang tepat juga membantu anda untuk mengecek status pemesanan setiap pelanggan dan memberikan penanganan yang tepat apabila sewaktu-waktu ada komplain. Ditambah, fitur ini juga membantu anda untuk mengidentifikasi setiap chat yang masuk.

Baca Juga: Bentuk Digitalisasi Identitas Bisnis: Fungsi Website Company Profile

Terakhir, anda juga bisa menggunakannya untuk kategorisasi broadcast. Sehingga pesan broadcast anda tidak terkesan spam dan jauh lebih terasa personal karena dikirim berdasarkan status pelanggan.

Sayangnya WA Business masih belum mengadakan fitur broadcast otomatis sesuai label, sehingga anda perlu membuat chat room dan mengirimkan broadcast sendiri secara manual.

Mulai Gunakan WhatsApp Business Untuk Bisnis Anda

Bisa dibilang WA Business adalah satu-satunya aplikasi chat yang dibuat khusus untuk bisnis dan dilengkapi dengan fitur yang lengkap. Apalagi WA juga digunakan oleh sebagian besar rakyat Indonesia sebagai aplikasi chatting utama, sehingga anda tidak perlu meminta pelanggan anda untuk mengunduh aplikasi chat lainnya.

Anda bisa mengunduh WA Business secara gratis di App Store atau Google Play Store, dan anda tidak perlu repot melakukan migrasi apabila anda dulunya menggunakan aplikasi WA biasa. WA-lah yang nantinya akan melakukan migrasi secara otomatis.

Comments are closed.