fbpx
5 Contoh Disrupsi Industri Akibat Dari Revolusi Digital

5 Contoh Disrupsi Industri Akibat Dari Revolusi Digital 4.0

Perkembangan teknologi digital telah mengakibatkan disrupsi industri dan merubah landskap industri secara keseluruhan. Ada yang bisa bertahan dan ada yang tidak.

Revolusi digital 4.0  dengan segala kecanggihan teknologi yang dibawanya harus diakui telah merubah kondisi persaingan industri sekarang. Berkat hadirnya teknologi, banyak industri baru yang sebelumnya belum ada, bisa lahir dan memberikan pengaruh baru pada dunia.

Perkembangan tersebut kemudian menciptakan disrupsi industri yang cukup besar. Hal ini juga berdampak pada perubahan struktur perusahaan juga, yang tentu semakin efisien. Hal-hal yang dulunya dilakukan secara manual kini bisa dilakukan secara otomatis dengan bantuan software.

90% CEO dan Manager Merasakan Bahwa Tren Digital Telah Mendisrupsi Industri

Dan tampaknya memang tidak salah. Ada beberapa contoh disrupsi industri yang bisa kita temukan di sekitar:

  • Perubahan tren moda transportasi ke online
  • Perubahan tren cara pembayaran digital
  • Terdapatnya fitur tarik tunai di segala tempat
  • Transaksi jual beli yang bisa terjadi dimana-mana tanpa batasan raung

Disrupsi industri bisa menjadi pisau bermata dua. Di satu sisi bisa menggairahkan dan menciptakan peluang baru bagi dunia. Tapi di satu sisi bisa juga menjadi ancaman dan merubah alur kompetisi yang selama ini ada. Bisa saja ada perusahaan baru yang justru menyapu perusahaan lain yang sebelumnya berseteru satu dengan yang lain. Contohnya adalah Kodak, Konica, Fujifilm yang ternyata malah tersapu oleh smartphone.

Contoh Disrupsi Industri dari Revolusi Digital di Indonesia

Di Indonesia sendiri disrupsi industri akibat revolusi digital sudah nyata adanya. Dan disrupsi ini hadir di berbagai industri yang ada, berikut beberapa contohnya:

Kesehatan

Dulu, orang yang mau konsultasi ke dokter harus mendaftar manual dan mengantri panjang di klinik terlebih dahulu. Bahkan ada lelucon bahwa membuat janji dokter adalah salah satu hal yang menyulitkan bagi orang yang sudah menginjak usia dewasa, hal ini tentu membuktikan bahwa kegiatan tersebut tidak semudah yang dibayangkan.

Namun karena bantuan teknologi, sekarang orang bisa membuat janji dokter dengan mudah. Sudah banyak sekali aplikasi aggregator dokter yang bisa anda download di toko aplikasi, dan anda bisa langsung membuat janji temu dalam satu klik.

Baca Juga: Fungsi dan Peran Konsultan Transformasi Digital Untuk Perkembangan Perusahaan

Bahkan anda juga bisa konsultasi secara online dan mendapatkan resep dengan mudah (tentu saja karena tidak ada keyboard khusus dokter, sehingga bacaan resep akan bisa dibaca oleh semua orang). Anda juga bisa menebus resep tersebut secara online tanpa perlu keluar ke apotek.

Keuangan

DI artikel kami tentang disurpsi inovasi dari fintech, kami sudah menjelaskan sepak terjang teknologi dalam mempengaruhi industri keuangan. Profesi teller bank juga disebut-sebut akan lenyap di masa depan, karena bisa digantikan oleh teknologi.

Sekarang orang bisa membuka rekening di mana saja, tanpa perlu melihat alamat domisili dengan KTP. Sebab proses verifikasinya bisa dilakukan melalui video call, dan rekening yang didapatkan pun juga tidak jauh berbeda dengan rekening biasa. Setor dan tarik tunai juga sudah bisa dilakukan melalui mesin ATM, atau bahkan authorized merchant yang ditunjuk oleh bank.

Terakhir, pengajuan kredit sekarang juga sudah bisa dilakukan secara online. Pun begitu juga dengan proses verifikasinya, yang juga dilakukan secara online. Ini bisa mempermudah bank dalam menyalurkan kredit ke masyarakat yang jauh lebih luas dibandingkan sebelumnya.

Layanan Pelanggan

Sebelum hadirnya chat bot, proses layanan pelanggan bisa dibilang cukup merepotkan. Anda perlu menghubungi kode nomor operator, lalu kemudian melakukan penerusan panggilan ke tim layanan pelanggan. Proses ini selain panjang, juga cukup memakan biaya.

Sejak munculnya teknologi chat bot, maka baik pelanggan maupun perusahaan bisa saling berkomunikasi lebih efektif. Pertanyaan yang bisa dijawab otomatis sekarang sudah ditangani oleh bot, dan tim CS hanya perlu menangani pertanyaan yang memang tidak bisa diselesaikan dengan mudah.

Pelanggan juga bisa bertanya 24 jam dalam 7 hari, sebab bot tidak perlu istirahat dan tetap bisa menjawab dengan kecepatan dan ketepatan yang sama.

Pendidikan

Di masa lalu, pendidikan (terutama profesi) tentu tidak bisa diakses oleh semua orang dengan mudah. Anda perlu mendaftar ke lembaga pendidikan yang terpercaya, lalu mengikuti serangkaian kursus yang panjang. Belum tentu juga semua pembelajaran itu bisa anda gunakan di lapangan.

Baca Juga: 5 Jenis Transformasi Digital yang Bisa Dilakukan Oleh UMKM Indonesia

Tapi dengan bantuan teknologi, masalah ini bisa diselesaikan. Sekarang sudah tersedia berbagai aplikasi pelatihan online, yang bahkan juga digunakan oleh pemerintah Indonesia (lewat program prakerja). Di sana, anda bisa mendapatkan pelatihan yang anda butuhkan dan bisa anda ikuti kapan pun di mana pun. Proses pendaftarannya juga sangat mudah, karena cukup mengisi form yang disediakan oleh aplikasi.

Dengan begitu, anda bisa membeli hanya kelas-kelas yang anda perlukan. Proses pendidikan pun bisa berlangsung lebih cepat dan lebih efisien. Sayangnya hal ini berdampak pada berbagai lembaga kursus yang tidak bisa beradaptasi, sehingga bisa jadi mereka dibayangi kebangkrutan di masa mendatang.

Ritel

Sejak munculnya berbagai toko online dan platform e-commerce, industri ritel diketahui harus memutar otak mereka agar tetap bisa bertahan dan mendapatkan pelanggan mereka kembali.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa belanja online menawarkan pengalaman yang jauh lebih praktis dibandingkan dengan mengunjungi toko fisik. Anda juga bisa mendapatkan review produk dan toko secara real time, yang tidak bisa anda dapatkan jika anda mengunjungi toko fisik!

Selain itu, platform toko online dan e-commerce juga membantu menjangkau pelanggan seluruh Indonesia dan meningkatkan permintaan akan layanan jasa ekspedisi. Tentu saja ini juga bisa meningkatkan roda ekonomi Indonesia.

Disrupsi Industri dari Teknologi Itu Nyata! Apakah Anda Siap?

Yang jelas inovasi dan disrupsi telah hadir sejak 1 dekade terakhir. Siap atau tidak siap, anda harus bisa menghadapi dan beradaptasi terhadap fenomena ini. Ingat disrupsi industri bisa menjadi pemercepat bisnis jika anda memanfaatkannya dengan baik, dan bisa menjadi penghancur bisnis terdahsyat jika anda meremehkan dan mengabaikannya.
 

 

Comments are closed.