fbpx
3 Tantangan Bisnis Dalam Mengadposi AI, Bagaimana Cara Mengatasinya

3 Tantangan Bisnis Dalam Mengadopsi AI, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tertarik mengaplikasikan AI (Artificial Intelligence) ke dalam bisnis? Itu rencana yang sangat bagus! Tapi tahukah Anda bahwa implementasi AI tidak lepas dari tantangan yang mengintai?

Kecerdasan buatan (AI – artificial intelligence) merupakan salah satu inovasi teknologi yang disebut-sebut bakal menjadi primadona dalam bisnis, setidaknya dalam jangka waktu dekat ini. Teknologi AI ini berguna untuk memangkas biaya sumber daya tenaga yang dibutuhkan perusahaan, mengingat AI dijalankan oleh mesin.

Teknologi AI bisa sangat mempengaruhi operasional perusahaan Anda dalam skala besar. Anda bisa membayangkan, pekerjaan-pekerjaan yang dulunya ditangani dan dipelajari manual oleh manusia sekarang bisa dipelajari oleh mesin.Dengan mengimplementasikan AI, maka Anda bisa menghemat biaya operasional dan training sekaligus. AI tidak membutuhkan training ulang dan memanfaatkan sistem machine learning berdasarkan data sebelumnya. Sehingga performa AI akan selalu meningkat seiring berjalannya waktu.

Landskap Adopsi AI di Masa Depan dan Tantangan yang Mengintai

Berdasarkan survey yang diadakan oleh CIO Survey pada tahun 2019, ada sekitar 94% perusahaan yang tertarik menggunakan AI pada bisnis mereka pada tahun 2022. Selain itu ada 35% perusahaan yang sudah memulai menggunakan AI pada tahun 2020 kemarin. Ini membuktikan bahwa kualitas AI bukanlah kualitas kaleng-kaleng.

Baca juga: Mencegah Pemborosan Dengan Penerapan Lean Manufacturing

Namun tentu saja yang namanya teknologi baru, selalu ada tantangan tersendiri bagi mereka yang ingin menggunakannya pertama kali. CIO Survey ternyata juga menemukan 3 tantangan utama dalam implementasi AI, yaitu:

Kurangnya Talenta Untuk Mengoperasikan AI

Lho, bukannya AI dioperasikan oleh mesin? Memang benar, tapi siapa yang melakukan konfigurasi pertama kali? Lalu siapa yang akan memprogram AI tersebut? Tentu saja tetap manusia yang akan melakukannya.

Nah pertanyaannya sekarang, apakah semua pekerja sudah dilengkapi pengetahuan akan pengoperasian AI? Bagaimana cara mengambil dan membaca datanya, bagaimana melakukan tindak lanjut dari rekomendasi yang diberikan, sampai menggunakan fitur ai sampai yang termutakhir.

Dan sayangnya memang pelatihan pekerja untuk memahami AI dari nol bukanlah masalah yang mudah. Masalah ini biasanya bisa diatasi dengan membayar konsultan, namun itu artinya Anda juga harus rela merogoh kocek yang lebih dalam lagi.

Tidak Adanya Data Untuk Implementasi AI, atau Tidak Memiliki Sumber Data yang Memadai

Seperti yang sudah disebutkan AI bekerja berdasarkan data yang diberikan. Sekarang apakah sumber datanya sudah ada? Jika hanya satu sistem saja yang menggunakan AI, sedangkan yang lainnya tidak maka sama saja bohong.

Sebab AI akan lebih berguna jika diimplementasikan ke semua sistem di dalam industri, sehingga AI bisa memberikan analisa yang lebih komprehensif tentang perusahaan Anda dan memberikan rekomendasi dan otomasi terbaik.

Ketidakpahaman Tentang Manfaat dan Implementasi AI

Ini adalah masalah yang paling klasik. Banyak perusahaan ikut-ikut dalam gelombang hype akan teknologi terbarukan, tanpa mengetahui apa manfaat dari teknologi tersebut. Biasanya berakhir pada pemborosan saja, dimana teknologi yang sudah diinvestasikan tidak digunakan sama sekali.

Karena itu sebelum mengimplementasikan suatu teknologi, ada baiknya lakukan riset terlebih dahulu. Cari tahu bagaimana studi kasus yang melibatkan teknologi tersebut beserta dengan hasil yang didapatkan.

Baca juga: Mengenal 5 Tipe Software CRM dan Kegunaannya

Selangkah Lebih Maju dengan Teknologi AI

Apapun tantangan yang akan dihadapi, teknologi AI tetap worth it untuk digunakan dalam bisnis terutama bisnis skala besar yang memiliki kompleksitas operasional yang tinggi. Penghematan energi, sumber daya, dan waktu menjadi alasan utama mengapa teknologi AI banyak dilirik meskipun penggunaannya yang mungkin tidak mudah bagi semua orang.

Dan bagi Anda yang tertarik dengan teknologi AI namun masih menemui masalah di atas, Sasana Digital memberikan solusi transformasi digital yang dapat diandalkan. Kami akan membantu implementasi AI di dalam bisnis Anda, terutama di divisi yang krusial tanpa repot!

Comments are closed.